Analisis Produktivitas Dan Beban Kerja Karyawan Pada Hasil Reaching Dan Drawing Departemen Weaving 2 Pt. Kusumahadi Santosa

Farisi, Ashari Fardan Al (2014) Analisis Produktivitas Dan Beban Kerja Karyawan Pada Hasil Reaching Dan Drawing Departemen Weaving 2 Pt. Kusumahadi Santosa. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (418Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK “ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN BEBAN KERJA KARYAWAN PADA HASIL REACHING DAN DRAWING DEPARTEMEN WEAVING 2 PT. KUSUMAHADI SANTOSA” ASHARI FARDAN AL FARISI F3511015 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas dan beban kerja operator Reaching dan Drawing. Penelitian ini membahas tentang masalah yang terjadi pada Departemen Weaving 2 PT. Kusumahadi Santosa khususnya pada bagian Reaching dan Drawing tentang analisis produktivitas dan beban kerja selama empat minggu pada bulan januari. Teknik analisis data menggunakan metode produktivitas, Work Load Analysis, dan Work Force Analysis. Metode Produktivitas dari periode empat minggu pada bulan Januari 2014 diketahui minggu keempat mempunyai tingkat produktivitas tertinggi sebesar 11.267 helai/jam jika dibandingkan dengan tingkat produktivitas minggu lainnya. Berdasar menggunakan metode Work Load Analysis pada minggu keempat memiliki hasil tertinggi sebesar 0,99 dengan beban kerja sebesar 41,8 jam/minggu jika dibandingkan dengan minggu yang lain. Tingkat absensi tertinggi pada minggu ketiga sebesar 2,27% disebabkan banyak operator yang tidak masuk kerja. Tingkat turn over tiap minggu pada bulan Januari 2014 sebesar 0% dan dengan menggunakan metode Work Force Analysis pada minggu pertama hingga minggu keempat bulan Januari 2014 sebesar 0%. Hal ini disebabkan tidak adanya operator yang keluar atau pensiun. Penelitian ini dapat memberikan saran kepada PT. Kusumahadi Santosa untuk dapat menyelesaikan masalah yang terjadi kedepannya. Saran tersebut berupa perusahaan tidak perlu melakukan penambahan operator dan hanya perlu mengoptimalkan kinerja operator. Perusahaan perlu mengadakan evaluasi terhadap kinerja karyawan dan perusahaan perlu menerapkan suatu strategi yang tepat berdasar pada hasil evaluasi. Strategi peningkatan produktivitas tersebut dapat berupa penghargaan apabila operator dapat menyelesaikan pekerjaannya sesuai target yang ditetapkan perusahaan. Perusahaan diharapkan lebih aktif mengawasi operator dan memberikan peraturan yang tegas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 15 Sep 2015 12:31
    Last Modified: 15 Sep 2015 12:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19029

    Actions (login required)

    View Item