HUBUNGAN KEAKTIFAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN MOTIVASI BELAJAR OLAHRAGA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES SISWA SMAN 1 GROBOGAN

SOETRISNO, (2015) HUBUNGAN KEAKTIFAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN MOTIVASI BELAJAR OLAHRAGA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES SISWA SMAN 1 GROBOGAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (787Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk (1) Hubungan yang positip keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler olaharaga dengan prestasi belajar olahraga dan besar hubungannya; (2) Hubungan yang positif motivasi belajar dengan prestasi belajar olahraga dan besar hubungannya; (3) Hubungan yang positif kedisiplinan dengan prestasi belajar olahraga dan besar hubungannya; (4) Hubungan yang positif tanggung jawab dengan prestasi belajar olahraga dan besar hubungannya; (5) Hubungan secara bersama-sama antara keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga, motivasi belajar, kedisiplinan dan tanggung jawab dengan prestasi belajar olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif koresional. Pengumpulan data menggunakan jenis instrument, penyusunan kuesioner, penyusunan pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat analisis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan MIA di SMA N I Grobogan yang berjumlah 112 siswa.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Purposive secara random (Purposive random sampling), besar sampel sebanyak 84 siswa yang berasal dari jumlah populasi sebesar 112 siswa. Dengan cara : a. Menetapkan populasi, yaitu jumlah siswa disetiap kelas yang menjadi subyek penelitian dengan jumlah 112 siswa kelas XI Jurusan MIA. b. Menetapkan sampel berdasarkan Tabel Krejcie. c. Menentukan sampel secara seimbang digunakan purposive random sampling.Variabel yang diteliti yaitu variabel bebasnya terdiri dari empat faktor yaitu : keaktifan, motivasi belajar, kedisiplinan,tanggung jawab. Variabel terikatnya yaitu : prestasi bealajar. Teknik pengumpulan data menggunakan alat pengumpul data yang disebut instrumen penelitian. Penyusunanya menggunakan alat instrumen yang berbentuk kuesioner yang berisi butir-butir pertanyaan , selain menggunakan instrumen angket penelitian mengadakan wawancara dan dokumentasikan, kemudian di uji dengan validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga dengan prestasi belajar olahraga siswa kelas XI pada jurusan MIA di SMAN 1 Grobogan, artinya semakin tinggi tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga maka semakin tinggi pula prestasi belajarolahraga, demikian pula sebaliknya semakin rendah tingkat keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga maka semakin rendah pula prestasi belajar olahraga. (2) Pengujian hipotesis menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar olahraga siswa kelas XI pada jurusan MIA di SMAN 1 Grobogan, artinya semakin tinggi motivasi belajar olahraga maka semakin tinggi pula prestasi belajar olahraga, demikian pula sebaliknya semakin rendah motivasi belajar olahraga maka semakin rendah pula prestasi belajar olahraga. (3) Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antarakedisiplinanolahragadenganprestasibelajarolahragasiswakelas XI padajurusanMIA di SMAN 1 Grobogan, artinya semakin tinggi kedisiplinan siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar olahraga, demikian pula sebaliknya semakin rendah kedisiplinansiswamakasemakinrendah pula prestasi belajar olahraga. (4) Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara tanggung jawab denganprestasibelajarolahragasiswakelas XI pada jurusanMIA di SMAN 1 Grobogan, artinya semakin tinggi tanggung jawab siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar olahraga, demikian pula sebaliknya semakin rendah tanggung jawab siswa maka semakin rendah pula prestasi belajar olahraga Kata Kunci: Hubungan Keaktifan, Ekstrakulikuler, Motivasi Belajar, Kedisiplinan, Tanggung Jawab.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 28 Sep 2015 15:59
    Last Modified: 28 Sep 2015 16:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19022

    Actions (login required)

    View Item