PERBEDAAN PENGARUH MEDIA YOUTUBE DAN ALAT PERAGA TERHADAP KECEMASAN DAN PRESTASI KETERAMPILAN LABORATORIUM KEBUTUHAN DASAR MANUSIA

Solikah, Siti Nur (2015) PERBEDAAN PENGARUH MEDIA YOUTUBE DAN ALAT PERAGA TERHADAP KECEMASAN DAN PRESTASI KETERAMPILAN LABORATORIUM KEBUTUHAN DASAR MANUSIA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (702Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Mahasiswa keperawatan saat ini cenderung menginginkan metode pembelajaran yang menarik dan interaktif. Ujian keterampilan laboratorium KDM (Kubutuhan Dasar Manusia) bagi sebagian mahasiswa sering dirasakan sebagai stressor yang dapat menimbulkan kecemasan yang dapat mengganggu konsentrasi dan kemampuan dalam berpikir dan bertindak saat ujian. Sehingga akan berpengaruh terhadap hasil yang dicapai.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan media YouTube dan alat peraga terhadap tingkat kecemasan dan prestasi keterampilan laboratorium KDM. Metode : Studi eksperimental dengan menggunakan Randomized Controlled Trial (RCT). Variabel Independen penelitian ini adalah media pembelajaran. Variabel Dependen penelitian ini adalah kecemasan dan Prestasi Belajar. Populasi penelitian ini adalah 100 mahasiswa, sampel penelitian dilakukan dengan exhaustive sampling. Sedang untuk menentukan antara kelompok subyek penelitian dan kelompok subyek pembanding dilakukan secara random. Kelompok A sebagai kelompok eksperimen yang diberi pembelajaran dengan media YouTube dan kelompok B sebagai kelompok pembanding Hasil : Hasil penelitian ini Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pemberian pembelajaran dengan media alat peraga dan YouTube terhadap tingkat kecemasan dan prestasi keterampilan mata kuliah Kebutuhan Dasar Manusia di Akademi Keperawatan ditunjukkan dengan (p < 0,001). Kesimpulan : Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang statistik dan signifikan antara media pembelajaran dengan tingkat kecemasan dan prestasi keterampilan. Kata Kunci : Media belajar, Knecemasan, Prestasi Belaja.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    R Medicine > RZ Other systems of medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 15 Sep 2015 10:23
    Last Modified: 15 Sep 2015 10:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19013

    Actions (login required)

    View Item