PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI GONDANG SRAGEN TAHUN 2014

RUKAYAH, SITI NUR (2015) PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI GONDANG SRAGEN TAHUN 2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (884Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian adalah untuk: (1) Menguji apakah terdapat perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dan Think Pair Share terhadap prestasi belajar peserta didik. (2) Menguji apakah terdapat perbedaan peserta didik yang memiliki tingkat motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar peserta didik. (3) Menguji apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan true-experimental research dengan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas IX MTs Negeri Gondang Sragen, semester gasal tahun 2014 yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas IX A, IX C dan IX G, dari tiga kelas tersebut, satu kelas sebagai kelas pembelajaran Student Teams Achievement Division, satu kelas sebagai kelas pembelajaran Think Pair Share dan satu kelas sebagai kelas pembelajaran langsung. Banyak anggota sampel seluruhnya adalah 101 peserta didik. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Uji normalitas menggunakan Lilliefors, uji homogenitas dengan uji Bartlett dan uji keseimbangan menggunakan uji-F. Uji hipotesis menggunakan uji anova dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan (1) Terdapat perbedaan efek penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division, Think Pair Share terhadap prestasi belajar peserta didik. (2) Terdapat perbedaan efek tingkat motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar peserta didik. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata kunci: Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Division, Think Pair Share, Prestasi Belajar, Motivasi Peserta Didik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 15 Sep 2015 10:45
    Last Modified: 15 Sep 2015 10:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19012

    Actions (login required)

    View Item