STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA LKS DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI IPA SMAN 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PUSPITASARI, NADIA RAKHMA (2015) STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA LKS DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI IPA SMAN 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1822Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nadia Rakhma Puspitasari. K3310059. Studi Komparasi Penggunaan Media Animasi dan Media LKS dalam Pembelajaran Kooperatif Metode Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Surakarta:. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2015. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektifitas media animasi dengan media LKS dalam pembelajaran kooperatif metode Teams Games Tournament (TGT) pada materi pokok sistem koloid untuk prestasi kognitif maupun afektif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan perluasan One Shot Case Study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMA N 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/ 2014 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan (t-matching), sedangkan uji hipotesis dilakukan dengan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media animasi lebih efektif dibandingkan dengan media LKS pada pokok bahasan sistem koloid ditinjau dari prestasi belajar kognitif maupun afektif siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%, dimana hasil prestasi belajar kognitif diperoleh thitung > ttabel (2,749 > 1,658) dan hasil prestasi belajar afektif thitung > ttabel (2,468 > 1,658). Kata Kunci : Teams Games Tournament (TGT), media animasi, media LKS, prestasi belajar, sistem koloid.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 15 Sep 2015 09:15
    Last Modified: 15 Sep 2015 09:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19007

    Actions (login required)

    View Item