PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENULIS BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD ASY-SYIFA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Sakinah, . (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENULIS BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD ASY-SYIFA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (238Kb) | Preview

    Abstract

    Sakinah, K8110049. PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENULIS BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD ASY-SYIFA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus menulis bilangan melalui penerapan metode bermain angka pada anak kelompok A PAUD Asy-Syifa Tahun Ajaran 2013/2014. Variabel terikat yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus menulis bilangan, sedangkan variabel bebas yang digunakan adalah metode bermain angka. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A PAUD Asy-Syifa Surakarta yang berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan triangulasi data dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan motorik halus menulis bilangan melalui metode bermain angka. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan anak dari sebelum dan sesudah tindakan. Pada siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan motorik halus menulis bilangan dengan persentase anak yang mencapai nilai tuntas sebanyak 52,94 % (9 anak dari 17 anak). Pada siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan motorik halus menulis bilangan dengan persentase anak yang mencapai nilai tuntas sebanyak 82,35 % (14 anak dari 17 anak). Simpulan penelitian ini adalah metode bermain angka dapat meningkatkan kemampuan motorik halus menulis bilangan pada anak kelompok A PAUD Asy- Syifa Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Kata Kunci: motorik halus, menulis bilangan, metode bermain angka

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Minardi Aris
    Date Deposited: 15 Sep 2015 05:31
    Last Modified: 15 Sep 2015 05:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/19000

    Actions (login required)

    View Item