PENGARUH PENGGUNAAN ABU VULKANIK SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN TANAH LIAT PADA BATU BATA TERHADAP KUAT TEKAN, BERAT JENIS DAN DAYA RESAPAN AIR SEBAGAI PENDALAMAN MATERI MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK TEKNIK BANGUNAN

RAHARJO , MUHAMMAD TEGUH (2015) PENGARUH PENGGUNAAN ABU VULKANIK SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN TANAH LIAT PADA BATU BATA TERHADAP KUAT TEKAN, BERAT JENIS DAN DAYA RESAPAN AIR SEBAGAI PENDALAMAN MATERI MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK TEKNIK BANGUNAN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (419Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Teguh Raharjo. PENGARUH PENGGUNAAN ABU VULKANIK SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN TANAH LIAT PADA BATU BATA TERHADAP KUAT TEKAN, BERAT JENIS DAN DAYA RESAPAN AIR SEBAGAI PENDALAMAN MATERI MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK TEKNIK BANGUNAN. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univertas Sebelas Maret Surakata. Desember 2014. Tingkat penggunaan material bata di Indonesia masih tinggi sehingga diperlukan suatu pendalaman materi mengenai batu bata dan inovasinya untuk meningkatkan kualitas melalui mata pelajaran konstruksi bangunan di SMK. Abu vulkanik merupakan material yang dihasilkan dari letusan gunung berapi yang sejauh ini pemanfaatannya belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan abu vulkanik terhadap karakteristik batu bata serta untuk mengetahui persentase optimal penggunaan abu vulkanik terhadap karakteristik batu bata yaitu kuat tekan, berat jenis dan daya resapan air. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang akan menguji kualitas batu bata dengan penggunaan campuran abu vulkanik. Variasi penggunaan abu vulkanik dalam penelitian ini adalah 0%, 5%, 10%, 15% dan 20%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Persentase optimal penggunaan abu vulkanik yang diperoleh dengan pembakaran batu bata selama 24 jam adalah sebesar 20% dengan kuat tekan sebesar 4,276 MPa, berat jenis batu bata 1,268 gr/cm3 dan daya resapan air sebesar 19,678%. Penggunaan abu vulkanik pada batu bata ini menghasilkan berat jenis yang lebih ringan dibandingkan batu bata normal dengan kuat tekan yang masuk dalam kelas mutu 50 dan nilai daya resapan air tersebut berada di bawah standar nilai maksimal daya resapan air yaitu sebesar 20% sesuai SNI 15-2094-2000. Hasil tersebut menunjukkan bata abu vulkanik dapat digunakan sebagai material pengisi dinding bangunan dan bisa menjadi alternatif pemanfaatan abu vulkanik. Kata Kunci: Bata, Abu Vulkanik, Konstruksi Bangunan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 14 Sep 2015 17:06
    Last Modified: 14 Sep 2015 17:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18973

    Actions (login required)

    View Item