PENERAPAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN (JOYFUL LEARNING) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013-2014

KHOTIMAH, SITI (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN (JOYFUL LEARNING) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (552Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi berprestasi pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Karanganyar dengan menerapan pembelajaran menyenangkan (Joyful Learning). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Akuntansi I SMK Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode, sedangkan uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik deskriptif komparatif. Analisis kualitatif menggunakan reduksi data, mendiskripsikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menyenangkan (Joyful Learning) dapat meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketercapaian pra penelitian, siklus I dan siklus II. Dari 36 peserta didik yang memenuhi standar keunggulan tugas pada pra penelitian hanya 17 peserta didik atau 47,22%, meningkat pada pelaksanaan siklus I menjadi 23 peserta didik atau 63, 89%, kemudian meningkat kembali pada siklus II menjadi 28 peserta didik atau 77,78%. Peserta didik yang memenuhi standar keunggulan prestasi diri pada pra tindakan hanya 18 peserta didik atau 50%, meningkat pada pelaksanaan siklus I menjadi 29 peserta didik atau 80, 56%, kemudian meningkat kembali pada pelaksanaan siklus II menjadi 35 peserta didik atau 97,22%. Peserta didik memenuhi standar keunggulan prestasi orang lain pada pra tindakan hanya 11 peserta didik atau 30,56%, meningkat pada pelaksanaan siklus I menjadi 12 peserta didik atau 33,33%, kemudian meningkat kembali pada siklus II menjadi 26 peserta didik atau 72,22%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan dalam pembelajaran menyenangkan (Joyful Learning) mampu meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2013-2014. Kata kunci: pembelajaran menyenangkan (Joyful Learning), motivasi berprestasi

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 14 Sep 2015 17:28
    Last Modified: 14 Sep 2015 17:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18972

    Actions (login required)

    View Item