PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIDOWAYAH TAHUN AJARAN 2014/2015

FATIMAH, SITI (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIDOWAYAH TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1944Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidowayah tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidowayah tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Negeri I Sidowayah tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara setelah diadakan tindakan. Pada pratindakan menunjukkan nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan 33,33%. Setelah tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70 dengan ketuntasan klasikal 53,33%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 78,67 dengan ketuntasan klasikal 93,33%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidowayah tahun ajaran 2014/2015. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 14 Sep 2015 17:46
    Last Modified: 14 Sep 2015 17:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18958

    Actions (login required)

    View Item