PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU NUR HIDAYAH KARTASURA TAHUN 2013

Abriyani, Siti (2015) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN SISWA DALAM MEMILIH SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU NUR HIDAYAH KARTASURA TAHUN 2013. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (285Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pengaruh product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process secara simultan terhadap keputusan siswa memilih Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Nur Hidayah (SMA IT Nur Hidayah). (2) Untuk mengetahui pengaruh product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process secara parsial terhadap keputusan siswa memilih Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Nur Hidayah (SMA IT Nur Hidayah). Jenis penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA IT Nur Hidayah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling dan proportionate random sampling. Berdasarkan penghitungan menggunakan teori slovin, diperoleh sampel sebanyak 75 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process secara parsial terhadap keputusan siswa memilih SMA IT Nur Hidayah. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan product = 0,285; price = 0,249; place = 0,328; promotion = 0,210; people = 0,283; physical evidence = 0,212; dan process = 0,304. (2) Terdapat pengaruh product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process secara simultan terhadap keputusan siswa memilih SMA IT Nur Hidayah. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. Sehubungan dengan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05; maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Berdasarkan hasil perhitungan data nilai Adjusted R Square sebesar 0,825 sehingga dapat diartikan bahwa 82,5% keputusan memilih sekolah di SMA IT Nur Hidayah dipengaruhi oleh marketing mix yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process sedangkan sisanya 17,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari ketujuh variabel bebas yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan siswa memilih SMA IT Nur Hidayah Kartasura adalah variabel place sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh paling lemah yaitu variabel promotion. Kata kunci: Marketing Mix, Keputusan Memilih Sekolah, SMA IT Nur Hidayah Kartasura

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 14 Sep 2015 18:07
    Last Modified: 14 Sep 2015 18:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18954

    Actions (login required)

    View Item