PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAINT (POE) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MA’RIFATUN, DIAN (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAINT (POE) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (764Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa metode eksperimen dapat memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan metode demonstrasi pada penerapan model pembelajaran Predict Observe Explaint (POE) untuk pokok bahasan larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan The-One-shot-Case-Study. Populasi penelitian ini meliputi kelas XI IPA SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 4 kelas. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I (model pembelajaran POE dengan metode eksperimen) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II (model pembelajaran POE dengan metode demonstrasi). Teknik pengumpulan data aspek kognitif menggunakan metode tes obyektif, sedangkan aspek afektif menggunakan metode angket. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar kognitif siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing sebesar 76,05 dan 71,42. Nilai rata-rata prestasi belajar afektif siswa kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing sebesar 83,63 dan 80,14. Hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif diperoleh t viii hitung = 1,77 > t = 1,67 dan untuk prestasi belajar afektif diperoleh t hitung = 1,94 > t = 1,67. Dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen memberikan prestasi belajar lebih tinggi dibandingkan dengan metode demonstrasi pada penerapan model pembelajaran POE untuk pokok bahasan larutan penyangga. tabel Kata Kunci : POE, Eksperimen, Demonstrasi, Prestasi Belajar, Larutan Penyangga.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 25 Sep 2015 10:54
    Last Modified: 25 Sep 2015 10:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18953

    Actions (login required)

    View Item