KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013 DI PAKET KEAHLIAN OTOMOTIF ELEKTRONIK SMKN 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ENDRIYATMA , DHONI (2015) KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013 DI PAKET KEAHLIAN OTOMOTIF ELEKTRONIK SMKN 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (662Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif fenomologis. Penelitian ini menangkap berbagai informasi kualitatif dengan diskripsi secara teliti dengan tujuan, yaitu (a) Untuk mengetahui tingkat pemahaman guru tentang kurikulum 2013. (b) Untuk mengetahui kelengkapan perangkat pembelajaran yang dimiliki guru. (c) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan kurikulum 2013. (d) Untuk menemukan alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala yang muncul. Data dalam penelitian ini berupa data hasil Wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data penelitian berupa orang yaitu : Guru dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 2 Karanganyar. Sumber lain adalah dokumentasi yaitu Perangkat Pembelajaran. Teknik validasi yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi data, audit trail, dan member-check. Hasil penelitian tentang kesiapan guru Paket Keahlian Otomotif Elektronik SMKN 2 Karanganyar dalam melaksanakan kurikulum 2013, menunjukkan bahwa minimnya sosialisai mengakibatkan pemahaman guru terhadap isi dari kurikulum 2013 menjadi kurang. Walaupun telah memiliki pendidikan yang sesuai dan pengalaman mengajar namun kelengkapan perangkat pembelajaran yang dimiliki oleh guru belum sepenuhnya lengkap. Adapun kendala yang di hadapi oleh guru di dalam melaksanakan kurikulum 2013 adalah (a) Pelaksanaan kurikulum 2013 yang terlalu mendadak dengan sosialisasi yang minim membuat guru menjadi kesulitan. (b) Prasarana yang belum lengkap khususnya alat kerja untuk praktik di bengkel membuat Guru menjadi tidak bisa mentransfer ilmu dengan lancar. (c) Guru merasa kesulitan menumbuhkan daya kreativitas pada siswa untuk belajar dengan mandiri dan lebih berani melakukan inovasi. (d) Guru kesulitan menemukan buku panduan sebagai bahan ajar. (e) Silabus masih disusun sendiri oleh para guru, karena silabus dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga belum tersedia. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru di Paket Keahlian Otomotif Elektronik SMKN 2 Karanganyar belum siap melaksanakan kurikulum 2013, di sebabkan kurangnya pemahaman guru terhadap isi dari kurikulum 2013, yang mengakibatkan beberapa guru tidak memiliki perangkat pembelajaran secara lengkap. Disamping itu, hal tersebut juga mengakibatkan kreativitas guru dalam upaya pengembangan pembelajaran yang lebih inovatif menjadi tidak efektik. Kata Kunci: kesiapan guru, kurikulum 2013, perangkat pembelajaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 14 Sep 2015 14:26
    Last Modified: 14 Sep 2015 14:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18952

    Actions (login required)

    View Item