PENGARUH PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANATOMI PANGGUL MAHASISWA D III KEBIDANAN UNS

Nugraheni, Dewi (2015) PENGARUH PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANATOMI PANGGUL MAHASISWA D III KEBIDANAN UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (299Kb) | Preview

    Abstract

    Latar belakang : Puzzle adalah salah satu permainan yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena dapat melatih kemampuan berfikir logis anak dan menyenangkan serta membuat anak termotivasi untuk segera menyelesaikan permainan tersebut. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle dalam pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar anatomi panggul mahasiswa DIII kebidanan UNS. Metode penelitian : Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan menggunakan total sampling. Penelitian ini dilaksanakan di D III kebidanan UNS pada bulan Mei 2014. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar dan hasilnya diuji statistik menggunakan uji Mann Whitney. Hasil : Dari hasil perhitungan uji statistik diperoleh nilai significancy sebesar 0.062 (p > 0.05) yang menunjukkan bahwa hipotesis ditolak. Simpulan : Pada penelitian kali ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh puzzle dalam pembelajaran Teams Games Tournament terhadap peningkatan hasil belajar anatomi panggul mahasiswa D III Kebidanan UNS. Kata Kunci : Puzzle, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D3 - Kebidanan
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 14 Sep 2015 14:20
    Last Modified: 14 Sep 2015 14:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18951

    Actions (login required)

    View Item