PSYCHOLOGICAL CONTRACT VIOLATION SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH PSYCHOLOGICAL CONTRACT BREACH PADA KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL, DAN KEINGINAN UNTUK BERHENTI (Studi pada karyawan PT Iskandar Tex Surakarta)

BASYA , DENI RIZAL (2015) PSYCHOLOGICAL CONTRACT VIOLATION SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH PSYCHOLOGICAL CONTRACT BREACH PADA KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL, DAN KEINGINAN UNTUK BERHENTI (Studi pada karyawan PT Iskandar Tex Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (520Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan menguji psychological contract violation sebagai pemediasi pengaruh psychological contract breach pada kepuasan kerja, komitmen organisasional dan keinginan untuk berhenti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan perusahaan. Sampel diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Jumlah ini dianggap layak karena pengambilan sampel diatas 30 dalam sebuah penelitian dinyatakan sudah dapat mewakili populasi. Pengambilan data dari responden dilakukan dengan pembagian kuesioner. Kuesioner yang kembali dan layak untuk diolah sebanyak 74 kuesioner. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah convenience sampling. Kualitas data penelitian dapat diperoleh dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa data yang terkumpul memenuhi kriteria kelayakan sehingga dapat diuji dengan alat statistik apapun. Penelitian ini menggunakan program komputer SPSS 11.5 For Windows dalam memecahkan masalah yang telah dirumuskan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) psychological contract breach tidak berpengaruh signifikan pada kepuasan kerja, (2) psychological contract breach tidak berpengaruh signifikan pada komitmen organisasional, dan (3) psychological contract breach berpengaruh positif dan signifikan pada keinginan untuk berhenti, (4) psychological contract breach berpengaruh positif dan signifikan pada psychological contract violation, (5) psychological contract violation tidak memediasi pengaruh psychological contract breach pada kepuasan kerja, komitmen organisasional dan keinginan untuk berhenti. Penelitian ini juga mendiskusikan implikasi secara lanjutan, teoritis, dan praktis Kata kunci : Psychological Contract, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Keinginan Untuk Berhenti.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 14 Sep 2015 13:41
    Last Modified: 14 Sep 2015 13:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18942

    Actions (login required)

    View Item