PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA 4 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HASANAH, USWATUN (2014) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI IPA 4 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (267Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Al Islam 1 Surakarta melalui penerapan metode problem solving terbimbing, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Al Islam 1 Surakarta melalui penerapan metode problem solving terbimbing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 semester genap. Sedangkan objek penelitiannya adalah aktivitas dan prestasi belajar pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pengumpulan data pra penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data aktivitas belajar diperoleh melalui angket dan observasi, data prestasi belajar aspek kognitif diperoleh melalui tes, dan data prestasi belajar aspek afektif diperoleh melalui angket. Data pada penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode problem solving terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari 70,27 % pada siklus I menjadi 89,19 % pada siklus II, (2) penerapan metode problem solving terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan prestasi belajar pada aspek kognitif yaitu 56,75 % pada siklus I menjadi 86,49 % pada siklus II dan pada aspek afektif menunjukkan peningkatan dari 72,97 % pada siklus I menjadi 86,48 % pada siklus II. Kata Kunci: problem solving terbimbing, aktivitas belajar, prestasi belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Natasya Andalucki Yohosua
    Date Deposited: 14 Sep 2015 10:54
    Last Modified: 14 Sep 2015 10:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18919

    Actions (login required)

    View Item