EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN QUANTUM LEARNING DAN TPS DENGAN JOYFUL LEARNING PADA SUB POKOK BAHASAN TEOREMA SISA DAN TEOREMA FAKTOR DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

PURBASARI, RATIH (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN QUANTUM LEARNING DAN TPS DENGAN JOYFUL LEARNING PADA SUB POKOK BAHASAN TEOREMA SISA DAN TEOREMA FAKTOR DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (295Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah pembelajaran matematika menggunakan model Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Quantum Learning pada materi teorema sisa dan teorema faktor menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Joyful Learning, (2) diantara kategori kreativitas belajar matematika siswa, manakah yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik, antara siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi, sedang atau rendah, (3) pada masing-masing kategori kreativitas belajar siswa, manakah yang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa dengan model Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Quantum Learning atau siswa dengan model Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Joyful Learning pada materi teorema sisa dan teorema faktor, (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi, sedang atau rendah pada materi teorema sisa dan teorema faktor. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014, yang terdiri dari 5 kelas dengan banyaknya siswa 145. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 60 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 6 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai Ulangan Tengah Semester II matematika, metode angket untuk data kreativitas belajar matematika siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi bahasan teorema sisa dan teorema faktor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan Quantum Learning memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik dengan model pembelajaran TPS dengan pendekatan Joyful Learning pada materi teorema sisa dan teorema faktor, (2) siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kreativitas sedang, siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar rendah dan siswa dengan kreativitas belajar matematika sedang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar rendah pada materi teorema sisa dan teorema faktor, (3) pada masing-masing kategori kreativitas belajar siswa (tinggi, sedang, rendah), model pembelajaran kooperatif TPS dengan pendekatan Quantum Learning dan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif TPS dengan pendekatan Joyful Learning memberikan prestasi belajar yang tidak sama pada materi teorema sisa dan teorema faktor, pada kategori kreativitas belajar tinggi dan rendah, model pembelajaran kooperatif TPS dengan pendekatan Quantum Learning memberikan prestasi belajar yang sama baiknya dengan model TPS yang menggunakan pendekatan Joyful Learning sedangkan pada kreativitas sedang, model pembelajaran kooperatif TPS dengan pendekatan Quantum Learning memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada dengan model TPS yang menggunakan pendekatan Joyful Learning, (4) pada model pembelajaran TPS dengan pendekatan Quantum Learning, siswa dengan kreativitas belajar tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang sama dengan siswa dengan kreativitas belajar sedang, siswa dengan kreativitas belajar tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar rendah, siswa dengan kreativitas belajar sedang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar rendah dan pada model pembelajaran TPS dengan pendekatan Joyful Learning, siswa dengan kreativitas belajar tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang sama dengan siswa dengan kreativitas belajar sedang, siswa dengan kreativitas belajar tinggi memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar rendah, dan siswa dengan kreativitas belajar sedang memiliki prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar rendah pada materi teorema sisa dan teorema faktor. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif TPS dengan pendekatan Quantum Learning, model pembelajaran TPS dengan pendekatan Joyful Learning, kreativitas belajar, teorema sisa dan teorema faktor, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 13 Sep 2015 21:02
    Last Modified: 13 Sep 2015 21:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18904

    Actions (login required)

    View Item