PELAKSANAAN PRINSIP KEHATI - HATIAN DALAM PEMBERIAN KREDIT BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 10 TA HUN 1998 TENTANG PERBANKAN DALAM UPAYA MENCEGAH KREDIT MACET OLEH PT. BAN K NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk, SENTRA KREDIT KECIL SOLO .

PERDANA, EDWIN NINDYA (2015) PELAKSANAAN PRINSIP KEHATI - HATIAN DALAM PEMBERIAN KREDIT BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 10 TA HUN 1998 TENTANG PERBANKAN DALAM UPAYA MENCEGAH KREDIT MACET OLEH PT. BAN K NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk, SENTRA KREDIT KECIL SOLO . Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (402Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Edwin Nindya Perdana, E0010128. 2015 . PELAKSANAAN PRINSIP KEHATI - HATIAN DALAM PEMBERIAN KREDIT BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 10 TAHUN 1998 TENTANG PERBANKAN DALAM UPAYA MENCEGAH KREDIT MACET OLEH PT. BAN K NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk, SENTRA KREDIT KECIL SOLO Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prinsip kehati - hatian dalam pemberian kredit berd asarkan Undang - Undang Nomor 10 T ahun 1998 tentang Perbankan dalam upaya mencegah kredit macet dan hambatan - hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan prinsip kehati - hatian dalam pemberian kredit o leh PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk , Sentra Kredit Kecil Solo . Kajian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penulisan skrips i ini adalah wawancara dengan responden yang berkompetensi dan didukung dengan studi kepustakaan. Model analisis data kualitatif dengan model interaktif ya i tu komponen reduksi data dan penyajian data dilakukan bersa m a dengan pengumpulan data, kemudian diolah dan dianalisis untuk menjawab permasalahan yang diteliti. Tahap terakhir adalah menarik kesimpulan dari sumber penelitian yang diolah . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan bahwa p elaksanaan prinsip kehati - hatian dalam pemberian kredit p ada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk , Sentra Kredit Solo merupakan suatu kewajiban dalam menjalankan kegiatan usahanya sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang - Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan dengan menetapkan kewajib an untuk melaksanaan pemeriksaa n syarat - syarat dalam permohonan pengajuan kredit, yang melip uti syarat - syarat administratif dan kualit atif . Pelaksanaan prinsip kehati - hatian juga menemui beberapa hambatan dalam pemberia n kredit yang ditemukan adalah adanya kr edit yang bermasalah yang berupa ketidaksanggupan debitur untuk membayar kembali sebagian atau seluruh kewajibannya pada pihak bank sebagaimana seperti yang telah diperjanjikan. Hambatan ini dapat disebabkan oleh 2 (dua) faktor, yaitu faktor internal bank dan faktor debitur. K ata kunci : Prinsip kehati - hatian , Kredit macet, Perbankan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 13 Sep 2015 17:56
    Last Modified: 27 Sep 2015 22:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18885

    Actions (login required)

    View Item