KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X SMA

Yuliani, Dwi (2014) KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X SMA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (726Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Yuliani . KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF FISIKA SISWA KELAS X SMA . Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 201 5 . Tujuan penelitian u ntuk mengetahui : (1) ada atau tidak ada nya kontribusi kecerdasan emosional terhadap kemampua n kognitif fisika siswa SMA kelas X; (2) ada atau tidak adanya kontribusi pemanfaatan sumber brlajar terhadap kemampuan k ognitif fisika siswa SMA kelas X ; (3) ada atau tidak ada nya kon tribusi kecerdasan emosional dan pemanfaatan sumber belajar terhadap kemampuan kognitif fisika siswa SMA kelas X . Metode p enelitian yang digunakan adalah metode eksplorasi . Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X sejumlah 288 siswa dengan sampel 56 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik r andom sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi . Teknik dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data kecerdasan emosional, pemanfaatan sumber belajar dan kemampuan kognitif fisika. A nalisis data menggunakan analisis teknik regresi linier ganda dengan uji prasyarat hipotesis meliputi uji normalitas, uji independensi, dan uji linieritas . Uji hipotesis menggunakan uji t. Kesimpulan penelitian bahwa: (1) Ada kontribusi relatif kecil kecerdasan emosional terhadap kemampuan kognitif fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2012/2013 dengan koefisien regresi 0.609 dengan sumbangan relatif sebesar 10,7219% dan sumbangan efektifnya 0.4963% ; (2) Ad a kontribusi relatif kecil pemanfaatan sumber belajar terhadap kemampuan kognitif fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2012/2013 dengan koefisien regresi 1.5525 dengan sumbangan relatif sebesar 89.2781% dan sumbangan efektifnya 4.132 1% ; (3) Ada kontribusi relatif kecil antara kecerdasan emosional dan pemanfaatan sumber b e lajar terhadap kemampuan kognitif fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2012/2013 memberikan kontribusi sebesar 4,6284%. Kata kunci: Ke cerdasan Emosional, Sumber Belajar, Kemam puan Kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 13 Sep 2015 17:35
    Last Modified: 27 Sep 2015 20:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18873

    Actions (login required)

    View Item