PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI FARMASI SMK CITRA MEDIKA SRAGEN DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Retnowati, Dwi (2015) PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI FARMASI SMK CITRA MEDIKA SRAGEN DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1390Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Retnowati . S85130 8016 . 2014. Proses Berpikir Kritis Si swa Kelas X I Farmasi SMK Citra Medika Sragen d alam Pemecahan Masalah Matematika . TESIS. Pembimbing I Dr. Imam Sujadi, M.Si., Pembimbing II Dr. Sri Subanti , M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika n. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah untuk masing - masing tahapan yaitu tahap klarifikasi, analisis, dan strategi penyelesaian di ke las XI Farmasi SMK Citra Medika Sragen dalam pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif desain studi kasus . Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini sebanyak enam subjek penelitian, y aitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang , dan 2 siswa dengan kemampuan rendah . Teknik pengumpulan data mengg unakan wawancara berbas is tugas. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa berkem ampuan awal matematika tinggi: a) p ada tahap klarifikasi, siswa menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan bahasanya sendiri. Tampak sesekali siswa melihat masalah untuk memastikan jawabannya; b) Pada tahap analisis, siswa mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan. Tampak sesekali siswa melihat masalah untuk memastikan jawabannya. Siswa menyusun langkah pemecahan masalah dan menjelaskannya dengan yakin. Hal ini terlihat ketika siswa menjelaskan alasan logis tentang informasi yang dibutuhkan , penggunaan tanda pertidaksamaan, dan syarat non negatif. Saat mengerjakan, siswa menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya kemudian membuat kesimpulan dengan mengembalikan hasil akhir ke konteks masalah; c) Pada tahap strategi penyelesaian, siswa mengevaluasi pengerjaan dengan menghitung ulang kemudian menemukan alternatif pemecahan masalah lain. 2) Siswa berke mampuan awal matematika sedang: a) p ada tahap klarifikasi, siswa menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan bahasanya sendiri. Namun, membutuhkan dua kali dalam membaca masalah; b) Pada tahap analisis, siswa mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan dengan membaca kembali m asalah. Siswa menyusun langkah pemecahan masalah dengan tepat. Saat mengerjakan, siswa menggunakan penget ahuan yang dimiliki sebelumnya kemudian membuat kesimpulan dengan mengembalikan hasil akhir ke konteks masalah. Namun, kesimpulan yang dibuat kurang te pat karena terdapat kesalahan penghitungan; c) Pada tahap strategi penyelesaian, siswa mengevaluasi dengan melihat pengerjaan dari awal sampai akhir. Namun, belum mampu menemukan kesalahan penghitungan. 3) Siswa berkemampuan awal matematika rendah : a) Pada tahap klarifikasi, siswa menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan setelah membaca berulang - ulang dan membutuhkan stimulus pertanyaan; b) Pada tahap analisis, siswa mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan dengan membaca kembali masalah dan m embutuhkan stimulus pertanyaan. Siswa membutuhkan waktu lama dalam menyusun langkah pemecahan masalah. S iswa membuat kesimpulan dengan mengembalikan hasil akhir ke konteks masalah. Namun, kesimpulan yang dibuat kurang tepat karena kesalahan model matematik a; c) Pada tahap strategi penyelesaian, siswa mengevaluasi dengan melihat pengerjaan dari awal sampai akhir. Namun, belum mampu menemukan kesalahan model matematika. ABSTRACT Kata Kunci : Proses Berpikir Kritis , Pemecahan Masalah Matematika , Kemampuan Awal Matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 13 Sep 2015 17:25
    Last Modified: 27 Sep 2015 21:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18870

    Actions (login required)

    View Item