POTENSI ALAM DAN SOSIOKULTURAL DAERAH PINGGIRAN SUNGAI KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN BARAT SEBAGAI MEDAN PEMBIBITAN DAN PEMANDUAN BAKAT OLAHRAGA AKUATIK

Hartanto, Dwi Budi (2015) POTENSI ALAM DAN SOSIOKULTURAL DAERAH PINGGIRAN SUNGAI KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN BARAT SEBAGAI MEDAN PEMBIBITAN DAN PEMANDUAN BAKAT OLAHRAGA AKUATIK. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1177Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Budi Hartanto. A121308013. 2015 . POTENSI ALAM DAN SOSIOKULTURAL DAERAH PINGGIRAN SUNGAI KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN BARAT SEBAGAI MEDAN PEMBIBITAN DAN PEMANDUAN BAKAT OLAHRAGA AKUATIK . Pembimbing I Prof. Dr. Sugiyanto, Pembimbing II Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., AIFO . Tesis Pascasarjana Program Studi Ilmu Keloharagaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Potensi Alam d an Sosiokultural Daerah Pinggiran Sungai Kapuas Provinsi Kalimantan Barat Sebagai Medan Pembibitan Dan Pemanduan Bakat Olahraga Akuatik . T ujuan utama p enelitian ini adalah : 1) Mengidentifikasi potensi a lam d aerah S ungai K apuas sebagai medan pembibitan dan pemanduan bakat olahraga akuatik , 2) Mengidentifikasi potensi sosiokultural pinggiran Sungai Kapuas sebagai medan pembibitan dan pemanduan bakat olahr aga akuatik . Penelitian ini dilaksanakan di daerah aliran Sungai Kapuas , Kalimantan Barat yang memiliki kriteria perairan sungai dalam , sedang dan dangkal. Serta terdapat penduduk yang bermukim di daerah pinggiran Sungai Kapuas . Daerah tersebut adalah Kot a Pontianak, Kab. Mempawah, dan Kab. Sanggau . Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah potensi alam dan sosiokultural daerah pinggiran Sungai Kapuas . Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumen pencatatan. Hasil penelitian Potensi Alam Dan Sosiokultural Daerah Pinggiran Sungai Kapuas Provinsi Kalimantan Barat Sebagai Medan Pembibitan Dan Pemanduan Bakat Olahraga disimpul kan sebagai berikut : 1) K ondisi alam daerah pinggiran Sungai Kapuas dapat dijadikan sebagai medan pembibitan dan pemanduan bakat olahraga akuatik. Kondisi alam Sungai Kapuas dapat dijadikan untuk olahraga seperti renang, renang terbuka, renang indah, lo ncat indah, polo air, snorkeling, diving, kano, dayung dan kayak. Jenis olahraga akuati k tersebut merupaka n olahraga yang cocok untuk kond isi alam Sungai Kapuas, 2) Adanya kondisi sosiokultural daerah pinggiran Sungai Kapuas dapat di jadikan pembibitan dan pemanduan bakat olahraga akuatik. Terdapat gaya hidup dan pola kebiasaan hidup mayarakat pinggir an Sungai Kapuas yang condong dapat di jadikan untuk olahraga akuatik. Seperti kebiasaan berenang dan melompati kapal di sungai, serta menggunakan perahu untuk kegiatan sehari - hari yang merupakan potensi untuk olahraga akuatik seperti renang, renang terbuka, renang indah, loncat indah, polo air, snorkeling, diving, kano, dayung dan kayak . Kata kunci : Potensi Alam Sungai Kapuas , Potensi Sosiokultural Sungai Kapuas , Medan Pembibitan d an Pemanduan Bakat Olahraga akuatik .

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 13 Sep 2015 17:15
    Last Modified: 27 Sep 2015 20:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18864

    Actions (login required)

    View Item