EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN GUIDED NOTE TAKING PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJARPADA SISWA SMP KELAS VII DI KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AMBARWATI, DWI (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN GUIDED NOTE TAKING PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJARPADA SISWA SMP KELAS VII DI KOTA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (678Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dwi Ambarwati . S851 302023 . Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Guided Note Taking Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Pada Siswa SMP Kelas VII Di Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Pembimbing I : Dr.Mardiyana, M.Si . Pembimbing II : Dr. Sri Subanti, M.Si . Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika . Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. 201 5 . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) m anakah yang memiliki prestasi belajar lebih baik, siswa yang diberi model pembelajaran TPS - GNT , TPS atau langsung . 2) m anakah yang memiliki prestasi belajar lebih baik, siswa dengan kemandirian belajar tinggi, sedang atau rendah . 3) p ada masing - masing model pembela jaran , manakah yang memiliki prestasi belajar lebih baik, siswa d engan kemandirian belajar tinggi, sedang atau rendah . 4) p ada masing - masing kategori kemandirian belajar, manakah yang memil iki prestasi belajar lebih baik, siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TPS - GNT , TPS atau langsung . Jenis penelitian adalah eksperimental semu. Populasi adalah seluruh siswakelas VII SMP di Surakarta. Sampel adalah 268 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan stratified cluster random sampling . Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan angket kemandirian belajar siswa. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen tes prestasi dan angket kemandirian belajar terlebih dahulu diujicobakan. Penilaian validitas isi instrumen tes dan angket dilakukan oleh validator. Uji reliabilitas instrumen tes menggunakan rumus KR - 20 sedangkan uji reliabilita s instrumen angket menggunakan cronbach a lpha . Daya pembeda tes dan konsistensi internal angket menggun a kan rumus korelasi product momen t dari Karl Pearson. Uji kes eimbangan menggunakan uji anava satu jalan . K esimpula n bahwa kelompok TPS - GNT, TPS dan langsung dalam keadaan s eimbang. U ji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. K esimpulan bahwa sampel berasal dar i populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis adalah anava dua jalan dengan sel tak sama. Hasil pene litian ini sebagai berikut: 1) m odel pembelajaran TPS - GNT memberikan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran TPS dan mode l pembelajaran langsung, dan model pembelajaran TPS memberikan prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran langsung . 2) siswa dengan kemandirian belajar tinggi memiliki prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kemandirian belajar sedang dan rendah, dan siswa dengan kemandirian belajar sedang memiliki prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kemandirian belajar rendah . 3) p ada masing - masing model pembelajaran, siswa dengan kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah memi liki prestasi belajar yang sama baiknya. 4) p ada kategori kemandirian belajar tinggi, model pembelajaran TPS - GNT, TPS dan Langsung memiliki prestasi belajar yang sama baiknya , s edangkan p ada kategori kemandirian belajar sedang dan rendah, model pembelajaran TPS - GNT memiliki prestasi belajar lebih baik daripada model pembelajaran langsung , model pembelajaran TPS dan langsung memiliki prestasi sama baiknya , dan model pembelajaran TPS - GNT dan TPS memiliki prestasi sama baiknya . Kata kunci: Think Pair Share ( TPS ), Guided Note Taking ( GNT ), Kemandirian Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 13 Sep 2015 17:13
    Last Modified: 27 Sep 2015 20:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18863

    Actions (login required)

    View Item