KARAKTERISTIK TAR HASIL DESTILASI TEMPURUNG KELAPA DENGAN MODIFIKASI PENAMBAHAN FLY ASH DAN LEM DIBANDINGKAN DENGAN ASPAL MINYAK PRODUK PERTAMINA

Ledo, Driameda Ijhe (2015) KARAKTERISTIK TAR HASIL DESTILASI TEMPURUNG KELAPA DENGAN MODIFIKASI PENAMBAHAN FLY ASH DAN LEM DIBANDINGKAN DENGAN ASPAL MINYAK PRODUK PERTAMINA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (776Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Driameda Ijhe Ledo , 201 5 . “ KARAKTERISTIK TAR HASIL DESTILASI TEMPURUNG KELAPA DENGAN MODIFIKASI PENAMBAHAN FLY ASH DAN LEM DIBANDINGKAN DENGAN ASPA L MINYAK PRODUK PERTAMINA ”. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Aspal olahan sudah banyak digunakan sebagai bahan pengikat perkerasan jalan, diantaranya adalah tar batubara dan tar cangkang kelapa sawit. Tar batubara cukup melimpah namu m sering dian ggap limbah karena baunya yang t idak enak, s edangkan tar tempurung kelapa sawit dihasilkan dari fraksi berat pembuatan asap cair yang dilewatkan pada pendingin. Tar memiliki nilai penetrasi yang tinggi, nilai titik lembek yang rendah, mudah te rpengaruh pada perubahan suhu disekitarnya, dan nilai daktilitasnya yang sangat pendek. Sehingga diperlukan modifikasi terhadap tar agar memperoleh hasil yang baik sehingga tar dapat digunakan sebagai bahan pengikat material jalan. Pada modifikasinya menggunakan bahan fly ash karena kemampuannya untuk meningkatkan nilai penetrasi dan tahan terhadap perubahan suhu. Serta penggunaan bahan lem yang digunakan untuk meningkatkan nilai daktilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk m encari bahan alternatif baru sebagai pengganti atau mengkobinasikannya dengan aspal. Metode y a n g dipak a i d a lam p e n e l i t i a n ini a d a lah metode e kspe r i m e n , y a i t u d e ng a n membu a t komp o si s i modifikasi tar d e n g a n p e n g g un a a n per sentase kadar f l y ash dan lem optimum 6,5% . P ada p e n g uj i a n nya di l a kuk a n d e n g a n 6 metode p e n g uj i a n ( SNI No. 1737 - 1989 - F ) y a i tu: uji penetrasi, uji daktilitas, uji titik lembek, uji titik nyala dan titik bakar, uji berat jenis, dan uji kelekatan tar terhadap agregat . P e n g uj i a n modifikasi tar dilakukan 2 macam campuran yaitu modifikasi antara tar dengan fly ash 0%, 3%, 5%, 6% dan 7% dan modifikasi antara tar dengan lem optimum 6,5% ditambahkan fly ash 0%, 3%, 5%, 6% dan 7%. Hasil penelitian menunjukkan tar modifikasi fly ash 7% pada pengujian penetrasi memperoleh hasil 71,3mm, titik lembek dengan hasil 53,3 o C , berat jenis dan kelekatan tar terhadap agregat memenuhi persyaratan aspal keras penetrasi 60. Tar modifikasi lem+ fly ash 3% pada uji titik lembek dengan hasil 52,5 o C , uji daktilitas dengan hasil 106,5cm , berat jenis dan kelekatan tar terhadap agregat memenuhi persyaratan aspal keras penetrasi 40. Kata kunci : tar tempurung kelapa, fly ash , lem

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TF Railroad engineering and operation
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 13 Sep 2015 17:06
    Last Modified: 14 Sep 2015 20:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18860

    Actions (login required)

    View Item