PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL DENGAN MENGGUNAKAN PRIMAVERA PROJECT PLANNER P6 (Studi Kasus Pembangunan Hotel In Yogyakarta)

Kusuma, Doni Probo (2015) PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL DENGAN MENGGUNAKAN PRIMAVERA PROJECT PLANNER P6 (Studi Kasus Pembangunan Hotel In Yogyakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1650Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Doni Probo Kusuma, 2015 , PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL DENGAN MENGGUNAKAN PRIMAVERA PROJECT P L A NNER P6 (Studi Kasus Pembangunan Hotel In Yogyakarta ) . Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Pada p elaksanaan sebuah proyek konstruksi dibatasi biaya, mutu dan waktu. Keberhasilan suatu proyek menuntut adanya pelaksanaan manajemen secara baik. Pengendalian yang baik dapat mengurangi resiko terjadinya keterlambatan dan pembengka kan biaya proyek. Untuk meningkatkan efektifitas dalam pengawasan dan pengendalian proyek maka digunakan metode konsep nilai hasil. Konsep nilai hasil merupakan suatu metode yang mampu menghitung besarnya biaya yang menurut anggaran sesuai dengan pekerjaan yang telah di selesaikan atau di laksanakan , Selain berfungsi untuk pengendalian proyek, metode Konsep Nilai Hasil juga dapat di ke mbangkan untuk membuat perkiraan sementara untuk mengetahui apakah dana sisa proyek masih mencukupi atau tidak , berapa besar perkiraan biaya untuk menyelesaikan proyek maupun berapa besar proyeksi keterlambatan pada akhir proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kuantitatif dengan durasi pekerjaan selama 5 bulan. Data yang diperlukan adalah Rencana Anggaran Biaya, Kurva S , Laporan Mingguan. Untuk mengolah data tersebut digunakan metode k onsep nilai hasil dilakukan dengan menggunakan Primavera Project Planner P 6 . Dengan menginputkan d ata yang terkait untuk analisis , maka program ini akan melakukan kalkulasi secara otomatis sesuai dengan rumus – rumus kalkulasi yang telah dibuat oleh program ini. Sehingga perhitungan konsep nilai hasi l akan lebih cepat dan akurat. Hasil analisis data yang dilakukan pada Proyek Pembangunan Hotel In Yogyakarta menunju kan bahwa besarnya biaya pelaksanaan hingga bulan ke V adalah Rp 2,571,580,362.99 dari total biaya perencanaan Rp 5,397,609,109 , dan sisa biaya penyelesaian Rp 2. 826.028.747. Prakiraan biaya akhir proyek adalah Rp 5,351,619,021.16 sedangkan perhitungan hasil sisa anggaran Rp 45.989,983.92 , dan perkiraa n waktu akhir poyek adalah 259 hari mundur 14 hari dari rencana. Kata Kunci : Proyek konstruksi, Pengendalian Waktu dan Biaya , Primavera Project Planner P 6 , Konsep Nilai Hasil

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 13 Sep 2015 17:02
    Last Modified: 14 Sep 2015 19:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18857

    Actions (login required)

    View Item