PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BOLAVOLI DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN SERVIS ATAS (Studi Eksperimen Menggunakan Ketinggian Net Bertahap, Jarak Servis Bertahap dan Kombinasi Keduanya pada Siswa Putra SMK Islam Terpadu Smart Informatika Surakarta)

Prabowo, Doni (2015) PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BOLAVOLI DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP PENINGKATAN KETEPATAN SERVIS ATAS (Studi Eksperimen Menggunakan Ketinggian Net Bertahap, Jarak Servis Bertahap dan Kombinasi Keduanya pada Siswa Putra SMK Islam Terpadu Smart Informatika Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (170Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Doni Prabowo , A1212080 16 . 201 5 . Perbedaan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Servis Atas Bolavoli dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Peningkatan Ketepatan Servis ( Studi Eksperimen Menggunakan Ketinggian Net Bertahap, Jarak servis Bertahap dan Kombinasi Keduannya pada Siswa Putra SMK Islam Terpadu Smart Informatika Surakarta ). Tesis: Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Su rakarta. Pembimbing I. Prof. Dr. Sugiyanto. Pembimbing II: Pr of. Dr. Agus Kristiyanto, M. Pd . T ujuan penelitian ini adalah 1) U ntuk menget a hui p engaruh pendekatan pembelajaran servis atas dengan ketinggian net secara bertahap, jarak servis secara bertahap , dan kombinasi antara keduanya terhadap peningkatan ketepatan servis atas bolavoli. 2) U ntuk mengetahui pengaruh tinggi rendahnya koordinasi mata tangan terhadap peningkatan ketepatan servis atas bolavoli. 3) U ntuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap peningkatan ketepatan servis atas bolavoli. Peneliti menggunakan m etode eksperimen dengan faktorial 3x3, s ampel yang digunakan berjumlah 45 siswa SMK IT Smart Informatika Surakarta . Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik P urposive R andom S ampling . Teknik analisis data menggunakan ANAVA. Sebelum m enguji den ga n ANAVA, terlebih d ahu lu digunakan uji prasyarat analisis data dengan menggunakan uji normalitas sampel (Uji Lilliefors dengan  = 0,05) dan Uji Homogenitas varians (Uji Barlett dengan  = 0,05). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan p engaruh pendekatan pembelajaran servis atas dengan ketinggian net secara bertahap, jarak servis secara bertahap, dan kombinasi antara keduanya terhadap peningkatan ketepatan servis atas bolavoli, F hitung = 72.89 < F tabe 1.64. (2) Ada perbedaan pengaruh tinggi rendahnya koordinasi mata tangan terhadap peningkatan ketepatan servis atas bolavoli, F hitung = 44.96 > F tabel = 1.64 . (3) Ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan koordinasi mata tangan terhadap peningkatan ketepatan servis atas bolavoli, F hitung = 1.77 > F tabel = 1 . 64 (Fo > Ft) pada taraf signifika si 5% . (3.a) Peningkatan ketepatan servis atas bolavoli kelompok sampel koordinasi tinggi lebih sesuai menggunakan pendekatan pembelajaran ketinggian net secara bertahap dengan rerata peningkatan 5, 2 . (3.b) Peningkatan ketepatan servis atas bolavoli kelompok sampel koordinasi sedang lebih sesuai menggunakan pendekatan pembelajaran kombinasi ketinggian net secara bertahap dan jarak servis secara bertahap dengan rerata peningkatan 4,6. (3.c) Peningkatan ketepatan servis atas bolavoli kelompok sampel koordinasi rendah lebih sesuai mengg unakan pendekatan pembelajaran kombinasi ketinggian net secara bertahap dan jarak servis secara bertahap dengan rerata peningkatan 7,2. Kata - kata kunci : Pembelajaran Ketinggian Net Bertahap, Pembelajaran Jarak Servis Bertahap, Pembelajaran Kombinasi, Koo rdinasi Mata Tangan, Peningkata n Ketepatan Servis atas Bolavol

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 13 Sep 2015 17:00
    Last Modified: 14 Sep 2015 19:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18856

    Actions (login required)

    View Item