IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI TEORI KINETIK GAS MENGGUNAKAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX)

Safitri, Diska Nugraheni Rizky (2015) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI TEORI KINETIK GAS MENGGUNAKAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (770Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Diska Nugraheni Rizky Safitri. IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI TEORI KINETIK GAS MENGGUNAKAN CRI ( CERTAINTY OF RESPONSE INDEX ) . Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmi Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2015. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui terjadi atau tidaknya miskonsepsi pada siswa kelas XI SMA N 1 Bawang untuk materi Teori Kinetik Gas , (2) mendapatkan besar persentase siswa yang memahami konsep , mengalami mis konsepsi, dan tidak memahami konsep, dan (3) Menjelaskan profil miskonsepsi yang terjadi pada siswa . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non ek sperimental dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah 153 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bawang, Banjarnegara tahun ajaran 2013/2014. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes identifika si miskonsepsi berbentuk tes objektif yang dilengkapi Certainty of Response Index ( CRI ). Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan sebagian siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bawang mengalami miskonsepsi pada materi Teori Kinetik Gas. Pada sub materi Sifat - sifat Gas Ideal , 40% siswa mengalami miskonsepsi, 21% tidak memahami konsep, dan 39% memahami konsep. S ub materi Huku m Gas Ideal , 55% siswa mengalami miskonsepsi, 12%, tidak memahami konsep, dan 33% memahami konsep . S ub materi Teori Kinetik Gas , 59% siswa mengalami miskonsepsi, 21% tidak memahami konsep, dan 20% memahami konsep. S ub materi Ekipartisi Energi , 42% siswa mengalami miskonsepsi, 18% tidak memahami konse p, dan 40% memahami konsep. Profil miskonsepsi yang terjadi pada siswa adalah : (1) tumbukan partikel gas dengan dinding akan mengakibatkan perubahan kelajuan partikel gas. (2) kerapatan gas berbanding lurus dengan jarak antar molekul. (3) suatu gas diangga p ideal apabila molekul - molekul penyusunnya bergerak secara teratur. (4) suhu lebih mudah mempengaruhi ban (zat padat) yang memiliki posisi di luar di bandingkan (zat) gas yang posisinya di dalam. (5) di pegunungan terasa lebih dingin dikarenakan memiliki tekanan yang lebih tinggi. (6) tekanan di dalam kolom udara dengan suhu konstan dipengaruhi oleh tekanan yang diberikan oleh piston, bukan dikarenakan volume kolom udara yang diperkecil. (7) tekanan dan atau volume berbanding terbalik dengan suhu. (8) pembacaan grafik sistem isobarik pada tiga sistem dengan tekanan berbeda dianggap sama ( P 1 =P 2 =P 3 ). (9) grafik isotermik merupakan grafik 푃 푉 = 푐 . (10) pembacaan grafik sistem isokhorik pada tiga sistem dengan volume berbeda dianggap sama ( V 1 =V 2 =V 3 ). (11) s emakin tinggi balon He terbang maka lama kelamaan akan mengempis. (12) di daerah pegunungan titik didih air lebih tinggi dibandingkan di dearah pantai. (13) energi kinetik molekul dipengaruhi oleh volume. (14) berdasarkan Teori Kinetik Gas, besar tekanan d alam ruang tertutup berbanding terbalik dengan suhu (15) kelajuan rms dipengaruhi oleh volume dan berbanding terbalik dengan akar massa molar suatu gas. (16) berdasarkan Teori Kinetik Gas, suhu gas ideal adalah berbading terbalik dengan tekanan dalam ruang . (17) g as diatomik dan monoatomik pada suhu tinggi atau suhu rendah melakukan penyerapan energi dengan cara translasi dan rotas i . (18) besar energi dalam gas hanya dipengaruhi oleh jumlah partikel gas. Kata kunci : miskonsepsi, Certainty of Response Index ( CRI ) , Teori Kinetik Gas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 13 Sep 2015 16:51
    Last Modified: 14 Sep 2015 19:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18852

    Actions (login required)

    View Item