PENGGUNAAN EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 DEMANGAN KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Khusna , Dinna Arifatul (2015) PENGGUNAAN EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 DEMANGAN KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (343Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dinna Arifatul Khusna. PENGGUNAAN EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 DEMANGAN KLATEN T AHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2015. Tujuan penelitian ini adalah u ntuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Demangan Klaten melalui penggun aan edutainment . Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Set iap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelit ian ini adalah siswa kelas I V SD N egeri 3 Demangan Klaten Tahun Ajaran 201 4 /201 5 yang berjumlah 16 siswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara , dokumentasi, observasi, dan tes. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan validita s isi dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan n ilai rata - rata keterampilan menulis narasi siswa sebelum tindakan (pra tindakan ) hanya sebesar 67. P ada siklus I nilai rata - rata keterampilan menulis narasi siswa menjadi 69,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 77,43 . Sebelum dilaksanakan tindakan, sis wa yang memperoleh nilai diatas KKM (≥ 7 0) hanya sebanyak 6 siswa ( 37,5 %), pada siklus I meningkat menjadi 11 siswa ( 68,75 %), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 14 peserta didik ( 87,5 %). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimp ulkan bahwa dengan menggunakan edutainment dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Demangan Klaten tahun ajaran 201 4 /201 5 . Kata Kunci: edutainment , keterampilan, menulis narasi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 13 Sep 2015 16:48
    Last Modified: 14 Sep 2015 18:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18851

    Actions (login required)

    View Item