Alkuri, Mohsan (2015) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.
![]()
| PDF Download (248Kb) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mohsan Alkuri. PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2014. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh positif yang signifikan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, (2) Mengetahui pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, (3) Mengetahui pengaruh positif yang signifikan keterampilan mengajar gurudan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan analisis statistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Sukoharjo berjumlah 169 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar sekolah, tes untuk mendapatkan data prestasi siswa, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data-data pelengkap seperti daftar nilai UTS, dan daftar presensi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, hal ini berdasarkan pada uji regresi linier sederhana didapatkan koefisien regresi variabel keterampilan mengajar guru (X1) sebesar 0.566. hasil analisis korelasi sederhana r=0.546 dan pengujian thitung=7.019 yang lebih besar dari ttabel=2.619 pada taraf signifikan 0.01, (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, hal ini berdasarkan pada uji regresi linier sederhana didapatkan koefisien regresi variabel fasilitas belajar sekolah (X2) sebesar 0.367, hasil analisis korelasi sederhana r=0.417 dan pengujian thitung=4.941 yang lebih besar dari ttabel =2.619 pada taraf signifikan 0.01, (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, hal ini berdasarkan pada hasil uji regresi linier ganda didapatkan nilai koefisien regresi variabel keterampilan mengajar (X1) sebesar 0.479 dan koefisien regresi variabel fasilitas belajar di sekolah (X2) sebesar 0.246, hasil analisis
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Nadia Nur Fitriani |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 08:57 |
Last Modified: | 15 Sep 2015 08:57 |
URI: | https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18836 |
Actions (login required)
View Item |