PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Alkuri, Mohsan (2015) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (248Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Mohsan Alkuri. PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PERBAIKAN MOTOR OTOMOTIF SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2014. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh positif yang signifikan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, (2) Mengetahui pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, (3) Mengetahui pengaruh positif yang signifikan keterampilan mengajar gurudan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan analisis statistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Sukoharjo berjumlah 169 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar sekolah, tes untuk mendapatkan data prestasi siswa, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data-data pelengkap seperti daftar nilai UTS, dan daftar presensi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, hal ini berdasarkan pada uji regresi linier sederhana didapatkan koefisien regresi variabel keterampilan mengajar guru (X1) sebesar 0.566. hasil analisis korelasi sederhana r=0.546 dan pengujian thitung=7.019 yang lebih besar dari ttabel=2.619 pada taraf signifikan 0.01, (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, hal ini berdasarkan pada uji regresi linier sederhana didapatkan koefisien regresi variabel fasilitas belajar sekolah (X2) sebesar 0.367, hasil analisis korelasi sederhana r=0.417 dan pengujian thitung=4.941 yang lebih besar dari ttabel =2.619 pada taraf signifikan 0.01, (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan keterampilan mengajar guru dan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Perbaikan Motor Otomotif siswa kelas XI TKR SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014, hal ini berdasarkan pada hasil uji regresi linier ganda didapatkan nilai koefisien regresi variabel keterampilan mengajar (X1) sebesar 0.479 dan koefisien regresi variabel fasilitas belajar di sekolah (X2) sebesar 0.246, hasil analisis

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 15 Sep 2015 08:57
    Last Modified: 15 Sep 2015 08:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18836

    Actions (login required)

    View Item