PENGARUH NILAI MATA KULIAH PRASYARAT DAN MINAT MAHASISWA TERHADAP PENGAMBILAN KONSENTRASI OTOMOTIF PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JPTK FKIP UNS

Handayani, Mimi Trisuci (2015) PENGARUH NILAI MATA KULIAH PRASYARAT DAN MINAT MAHASISWA TERHADAP PENGAMBILAN KONSENTRASI OTOMOTIF PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JPTK FKIP UNS. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (409Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Mimi Trisuci Handayani. PENGARUH NILAI MATA KULIAH PRASYARAT DAN MINAT MAHASISWA TERHADAP PENGAMBILAN KONSENTRASI OTOMOTIF PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JPTK FKIP UNS. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juni 2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh nilai mata kuliah prasyarat terhadap pengambilan konsentrasi Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan tahun 2011. (2) Untuk mengetahui pengaruh minat mahasiswa terhadap pengambilan konsentrasi Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan tahun 2011. (3) Untuk mengetahui pengaruh konsep pengambilan keputusan terhadap pengambilan konsentrasi Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan tahun 2011. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa konsentrasi Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan tahun 2011 yang berjumlah 23. Sampel diambil dengan teknik sampel total. Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi, angket, dan wawancara. Validitas instrumen angket penelitian menggunakan pendekatan korelasi Product Moment dari Pearson. Uji validitas instrumen dengan taraf signifikansi sebesar 5% didapat nilai r product moment sebesar 0,444. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Nilai mata kuliah prasyarat pengambilan konsentrasi Otomotif tidak terlalu mempengaruhi mahasiswa dalam pengambilan konsentrasi Otomotif. (2) Minat mempengaruhi mahasiswa konsentrasi Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan tahun 2011 terhadap pengambilan konsentrasi Otomotif. Hal ini ditunjukkan melalui indikator perasaan senang yang berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 95,65%, perhatian berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 47,83%, dan ketertarikan siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 69,57%. (3) Konsep pengambilan keputusan mempengaruhi mahasiswa konsentrasi Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin angkatan tahun 2011 terhadap pengambilan konsentrasi Otomotif. Hal ini ditunjukkan melalui indikator asumsi rasionalitas yang berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 60,87%, rasionalitas terbatas berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 47,83%, dan pengambilan keputusan intuitif berada pada kategori tinggi dengan persentase 82,61%. Kata kunci: konsentrasi Otomotif, minat mahasiswa, pengambilan keputusan, mata kuliah prasyarat.

    Item Type: Other
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 13 Sep 2015 15:48
    Last Modified: 13 Sep 2015 15:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18826

    Actions (login required)

    View Item