EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 3 SUKOHARJO

Nurhayati, Kurnia (2014) EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 3 SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1064Kb) | Preview

    Abstract

    Perubahan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik dan mendorong peserta didik untuk aktif. Terjadinya perubahan kurikulum akan berdampak pada pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan dari kurikulum tersebut. Di SMP Negeri 3 Sukoharjo merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 di kabupaten Sukoharjo, namun dalam proses pembelajarannya guru belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai untuk kurikulum 2013. Pada materi kelas VII yaitu “interaksi manusia dengan lingkungan”. Untuk dapat mendorong keingin tahuan dan keaktifan peserta didik pada materi tersebut model pembelajaran yang cocok adalah project based learning yang diterapkan dengan metode pembelajaran diskusi dan investigasi kelompok. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII E dan VII F semester genap SMP N 3 Sukoharjo. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar IPS pada materi interaksi manusia dengan lingkungan menggunakan metode diskusi dan investigasi kelompok dalam model pembelajaran project based learning. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis. Dari hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dari metode investigasi kelompok dan metode diskusi terkait dengan pendekatan Project Based Learning pada pelajaran IPS materi “Interaksi Manusia dengan Lingkungan” kelas VII semester genap tahun ajaran 2013/2014 di SMP N 3 Sukoharjo, ditinjau dari hasil penghitungan melalui t-test sebesar thitung > ttabel atau 6,186 > 1,67 (2) metode investigasi kelompok lebih efektif diterapkan dengan model pembelajaran Project Based Learning di SMP Negeri 3 Sukoharjo dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi, ditinjau dari rerata nilai hasil belajar peserta didik Kata Kunci : Project Based Learning, Metode Diskusi, Metode Investigasi Kelompok, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 13 Sep 2015 18:37
    Last Modified: 13 Sep 2015 18:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18812

    Actions (login required)

    View Item