PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 1 SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

KHOTIMAH, KHUSNUL (2014) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS 1 SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (651Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan metode penemuan terbimbing. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data pelaksanaan proses pembelajaran dan data minat belajar siswa yang diukur dari 3 indikator, yaitu perasaan senang, partisipasi aktif dan perhatian siswa. Data pelaksanaan proses pembelajaran dan data minat belajar siswa diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Validitas data diuji menggunakan teknik triangulasi sumber. Jika triangulasi sumber memberikan hasil yang berbeda, maka digunakan triangulasi teknik. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah minat belajar siswa diatas 60% yang diperoleh dari rata-rata indikator minat belajar pada akhir siklus. Prosedur penelitian meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah pembelajaran menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan minat belajar siswa adalah : 1) Kegiatan awal, yaitu guru menyampaikan tujun pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa. Setelah itu guru menjelaskan model pembelajaran yang akan digunakan dan memberikan apersepsi. Guru juga memanfaatkan IT berupa LCD untuk menarik siswa supaya tidak terlambat dalam pembelajaran matematika. 2) Kegiatan inti, yaitu guru mempresentasikan materi secara singkat menggunakan media papan tulis dan spidol dengan didukung media powerpoint. Setelah itu guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang anggota. Guru membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok sebagai bahan ajar sehingga siswa dapat berdiskusi dalam menemukan dan memahami materi. Selanjutnya guru memberikan pengarahan mengenai cara mengerjakan lembar kerja kelompok dan siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi kelompok. Kegiatan dilanjutkan dengan meminta perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan guru memimpin jalannya diskusi kelas. Dalam diskusi kelas, guru memancing siswa dengan memberikan pertanyaan sehingga siswa termotivasi untuk bertanya dan mengemukakan ide mengenai materi yang dipresentasikan. Guru bersama dengan siswa menyimpulkan hasil diskusi dan guru memberikan soal kuis individu. 3) Kegiatan penutup, yaitu guru meminta siswa mengumpulkan lembar jawaban kuis individu. Setelah itu, guru menyimpulkan hasil pembelajaran dengan memberikan pertanyaan kepada siswa dan menginformasikan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa mempersiapkannya. Berdasarkan hasil observasi minat belajar setelah penerapan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan metode penemuan terbimbing diperoleh data rata-rata persentase minat belajar siswa mencapai 44,01% pada siklus I yang diperoleh dari indikator yang meliputi perasaan senang mencapai 46,10%, partisipasi aktif 39,84%, dan perhatian mencapai 46,10%. Sedangkan pada siklus II diperoleh data rata-rata persentase minat belajar siswa mencapai 64,06% yang diperoleh dari indikator yang meliputi perasaan senang mencapai 67,19%, partisipasi aktif mencapai 59,38% dan perhatian mencapai 65,62%. Kata Kunci: Student Teams Achievement Divisions (STAD), penemuan terbimbing, minat belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 13 Sep 2015 19:28
    Last Modified: 13 Sep 2015 19:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18808

    Actions (login required)

    View Item