ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG KERATON SURAKARTA

Priyanto, Joko (2014) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG KERATON SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (344Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kualitas pelayanan dan kepuasan pengunjung Keraton Surakarta dan hubungan antara keduanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mengambil objek penelitian di tempat pariwisata Solo yaitu Keraton Surakarta. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner dan kepustakaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik random sampling. Responden dan sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung yang datang di Karaton Surakarta. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan alat bantu program SPSS.Versi 17. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat diambil kesimpulan di antaranya; 1) Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung keraton Surakarta. Ini dibuktikan dengan uji t sebesar 2.569; 2) Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel keandalan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung keraton Surakarta. Ini dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 3.358; 3) Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung keraton Surakarta. Ini dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 2.358; 4) Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung keraton Surakarta. Ini dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 2.964; 5) Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung keraton Surakarta. Ini dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 3.236 Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengunjung

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 13 Sep 2015 20:18
    Last Modified: 13 Sep 2015 20:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18800

    Actions (login required)

    View Item