DAYA DUKUNG LAHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) JLANTAH HULU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2013 (Implementasi Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi Pada Kelas XI Semester II Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup)

Amilianto, Jesicca Putri (2014) DAYA DUKUNG LAHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) JLANTAH HULU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2013 (Implementasi Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi Pada Kelas XI Semester II Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (220Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (234Kb) | Preview

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui daya dukung lahan berdasarkan kemampuan lahan DAS Jlantah Hulu (2) Mengetahui daya dukung lahan berdasarkan tingkat ketersediaan lahan dan kebutuhan lahan DAS Jlantah Hulu (3) Menyusun zonasi produktivitas lahan pertanian DAS Jlantah Hulu (4) Menyusun arahan penggunaan lahan berdasarkan kemampuan lahan dan daya dukung lahan di DAS Jlantah Hulu Kabupaten Karanganyar tahun 2013 (5) Penyusunan tambahan materi ajar pembelajaran geografi pada Standar Kompetensi Menganalisis Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup SMA Kelas XI Semester II Penelitian ini menggunakan metode survai lapangan dengan pendekatan spasial/keruangan. Unit analisis yang digunakan adalah satuan lahan. Satuan lahan diperoleh dari tumpangsusun antara Peta Geologi, Peta Tanah, Peta Lereng dan Peta Penggunaan Lahan hasilnya adalah 32 satuan lahan. Pengambilan sampel pada satuan lahan kemampuan lahan menggunakan non populasi karena diambil sampel seluruh anggota populasi, sedangkan pada satuan lahan produktivitas pertanian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi lapangan, analisis laboratorium dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk mengetahui kemampuan lahan adalah analisis matching parameter kemampuan lahan pada masing-masing unit satuan lahan berdasarkan kriteria kemampuan lahan. Analisis data untuk penentuan status daya dukung lahan adalah membandingkan ketersediaan dengan kebutuhan lahan. Zonasi produktivitas pertanian didasarkan pada perhitungan produktivitas komoditi unggulan, dari hasil perhitungan selanjutnya dilakukan zonasi berdasarkan tingkat klasifikasi produktivitas lahan. Teknik analisis data untuk arahan penggunaan lahan didasarkan pada overlay peta kemampuan lahan dan peta daya dukung lahan berdasarkan ketersediaan dan kebutuhan lahan selanjutnya dilakukan pencocokan atribut spasial dengan matriks arahan penggunaan lahan. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) DAS Jlantah Hulu memiliki daya dukung lahan berdasarkan kemampuan lahan terdiri dua klasifikasi, yaitu sedang untuk kelas kemampuan lahan IV dan rendah untuk kelas kemampuan lahan VVIII. (2) DAS Jlantah Hulu mempunyai 2 desa dengan status daya dukung lahan surplus dan 6 desa/kelurahan dengan status daya dukung lahan defisit. (3) Zonasi produktivitas pertanian DAS Jlantah Hulu dilakukuan untuk komoditas padi, jagung, singkong dan buncis. (4) Arahan penggunaan lahan di DAS Jlantah Hulu ada 7 arahan. Arahan penggunaan lahan didasarkan pada faktor kemampuan lahan dan status daya dukung lahan. (5) Implementasi bagi pembelajaran geografi untuk menambah materi ajar yang dapat dikembangkan oleh pendidik. Kata Kunci: Kemampuan lahan, daya dukung lahan, zonasi produktivitas pertanian, arahan penggunaan lahan dan pembelajaran geografi.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
      Depositing User: Nilam Rikamukti
      Date Deposited: 13 Sep 2015 21:15
      Last Modified: 13 Sep 2015 21:15
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18796

      Actions (login required)

      View Item