EVALUASI PELAYANAN PELANGGAN INTERNAL PADA PROSES PENGAJUAN PEMBAYARAN HUTANG (STUDI PADA BAGIAN ACCOUNT PAYABLE DI PT. BATIK DANAR HADI)

NUGRAHANI, ISTIQOMAH (2014) EVALUASI PELAYANAN PELANGGAN INTERNAL PADA PROSES PENGAJUAN PEMBAYARAN HUTANG (STUDI PADA BAGIAN ACCOUNT PAYABLE DI PT. BATIK DANAR HADI). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (610Kb) | Preview

    Abstract

    Pelanggan internal adalah pihak dalam perusahaan yang pelayanannya bergantung pada bagian perusahaan itu sendiri. Pelanggan internal terdiri dari karyawan dan supplier yang berhubungan langsung dengan perusahaan. Mengingat pentingnya peran pelanggan internal dalam proses operasional perusahaan, maka perlu adanya pemberian pelayanan terbaik untuk mereka. Apabila terjadi pengembalian dokumen pengajuan dan tidak ada kepastian waktu realisasi pembayaran hutang maka akan mempengarui proses operasional perusahaan lainnya seperti pembayaran gaji karyawan dan mundurnya tanggal pembayaran kepada supplier. Tujuan utama dari penulisan ini adalah untuk mengetahui secara luas tentang proses pengajuan, pelayanan serta kendala yang dihadapi pelanggan internal saat melakukan pengajuan pembayaran hutang yang berlangsung di bagian Account Payable pada PT. Batik Danar Hadi. Dengan menggunakan analisis deskiptif, penulis menganalisis data dengan menggambarkan data yang telah terkumpul. Kemudian dilakukan perbandingan dengan teori yang berkaitan dengan prinsip pelayanan dan harapan pelanggan internal. Dari perbandingan 2 hal tersebut maka akan terlihat prinsip-prinsip yang sudah terpenui maupun belum terpenui dalam proses pelayanan kepada pelanggan internal perusahaan. Dari hasil pembahasan tersebut ditemukan 6 prinsip dari 10 prinsip pelayanan yang sudah terpenuhi. Sedangkan masih terdapat 4 prinsip yang belum dapat terpenuhi, 4 prinsip tersebut antara lain kepastian waktu, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, dan kenyamanan. Sedangaka untuk 5 prinsip yang termuat dalam harapan pelanggan telah dapat dipenuhi semua oleh bagian Account Payable pada PT. Batik Danar Hadi. Terlihat bahwa secara keseluruhan pelayanan pelanggan internal oleh bagian Account Payable telah memenuhi prinsip pelayanan dan harapan pelanggan internal. Meskipun demikian terdapat 4 prinsip pelayanan yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Untuk memenui ke 4 prinsip tersebut dapat dilakukan denga pembuatan papan informasi, website dan penempatan kursi tunggu di dekat ruangan Account Payable. Dengan beberapa usulan tersebut diharapakan dapat memudahkan pelanggan internal untuk mengetahui informasi terbaru dan kepastian tanggal pembayaran, serta kenyaman saat menunggu hasil pengecekan dokumen pembayaran utang yang diajukan. Kata kunci : Pelayanan pelanggan internal, proses pengajuan pembayaran hutang perusahaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 13 Sep 2015 22:02
    Last Modified: 13 Sep 2015 22:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18790

    Actions (login required)

    View Item