METODE BELAJAR MENGGUNAKAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2013/2014

NOVIASARI, KARLINA (2014) METODE BELAJAR MENGGUNAKAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2737Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan metode belajar menggunakan mindp map terhadapa peningkatan kreativitas peserta didik kelas VII SMP Negeri Kartasura tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terbagi ke dalam tiga tahap, yakni tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil yang kesemuanya dilaksanakan dalam sepuluh kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik yang memiliki sepuluh skor terendah dari masing-masing kelas, keseluruhannya berjumlah 80 peserta didik. Sumber data berasal dari peserta didik yang menjadi subjek penelitian yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam teknik, yaitu melalui tes keterampilan subjek dalam membuat mind map dengan menggunakan pedomana penilaian dan tes kreativitas subjek menggunakan instrumen tes kreativitas verbal yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Sukami Catur Utami Munandar, Dipl. Psych. Analisis data dalam penelitian ini mengguanakan rumus t-test dengan memanfaatkan aplikasi SPSS 16. Berdasarkan hasil pengujian hipotesisi, diketahui bahwa ada perbedaan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, yaitu t hitung = -1,947 dibandingkan denngan t tabel = 2,023 atau –t tabel < t hitung < t tabel (-2,023 < -1,974 < 2,023) maka Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan skor post-test pada kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen dengan signifikansi 0,05 maka Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan skor post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada tabel Paired Sample Statistic terlihat rata-rata untuk skor post test pada kelompok kontrol sebesar 65,28 sedangkan untuk rata-rata skor post-test pada kelompok eksperimen sebesar 69,95, artinya rata-rata skor post-test pada kelompok eksperimen lebih inggi dari pada skorpost-test pada kelompok kontrol. Hasil analisis selanjutnya yaitu terjadi peningkata skor rata-rata keterampilan subjek dalam membuuat mind map sebesar 29,6 poin atau 73,086% membuat adanya peningkata skor kreativitas (Creativity Quotient) subjek yaitu sebesar 23,2 poin atau sebesar 49,62%. Simpulan penelitian ini adalah metode belajar menggunakan mind map efektif untuk meningkatkan kreativitas pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Kata kunci : metode belajar menggunakan mind map, kreativitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 13 Sep 2015 22:13
    Last Modified: 14 Sep 2015 10:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18788

    Actions (login required)

    View Item