EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DILENGKAPI MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014)

PRAMUDHITA, KARINA ASTRI (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DILENGKAPI MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR (Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah di antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), Group Investigation (GI) dilengkapi Make a Match, dan model pembelajaran konvensional yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan, (2) manakah di antara siswa dengan motivasi belajar matematika tinggi, sedang dan rendah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan, (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), Group Investigation (GI) dilengkapi Make a Match, dan model pembelajaran konvensional dengan motivasi belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 466 siswa yang terbagi ke dalam 14 kelas. Sampel yang digunakan adalah 99 siswa yang diambil dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk memperoleh data nilai ulangan harian materi logaritma dan digunakan untuk menguji keseimbangan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, metode tes digunakan untuk memperoleh data prestasi belajar matematika siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan, dan metode angket digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan analisis yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dilengkapi Make a Match, model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dilengkapi Make a Match menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan model pembelajaran konvensional pada materi persamaan dan pertidaksamaan, (2) motivasi belajar matematika siswa tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan. Siswa dengan motivasi belajar matematika tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa dengan motivasi sedang maupun rendah, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran model pembelajaran dan motivasi belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi persamaan dan pertidaksamaan. Kata Kunci: TGT, GI, GI dilengkapi Make a Match, motivasi belajar, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nilam Rikamukti
Date Deposited: 13 Sep 2015 22:40
Last Modified: 13 Sep 2015 22:40
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18785

Actions (login required)

View Item