Perubahan Gaya Hidup Anak Muda di Surakarta Akibat Berkembangnya Mall

Chizuwa, Jun (2014) Perubahan Gaya Hidup Anak Muda di Surakarta Akibat Berkembangnya Mall. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (156Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perubahan gaya hidup masyarakat khususnya anak muda yang diamati dari perubahan kunjungan mereka dari pasar tradisional ke pasar modern (mall) di Surakarta. Sebaliknya untuk mengetahui perubahan gaya hidup apa saja pada masyarakat khususnya anak muda yang tercermin dari kunjungan mereka ke pasar modern (mall) di Surakarta dan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan gaya hidup masyarakat khususnya anak muda di Surakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada beberapa tahun terakhir ini fenomena pembangunan pasar modern (mall) di wilayah kota Surakarta kian ramai. Hal ini memperngaruhi eksistensi pasar tradisional sebagai pusat jual-beli. Terlebih, pembangunan pasar modern (mall) ini juga mempengaruhi perubahan gaya hidup masyarakatnya, khususnya anak muda di Surakarta akibat berkembangnya pasar modern (mall). Permasalahan ini ditemukan oleh peneliti setelah melakukan observasi di lingkungan mall di Surakarta. Penelitian ini dilakukan dalam ranah ilmu kajian budaya dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik analisi data secara deskriptif dan interpretatif. Sumber data untuk penelitian ini adalah masyarakat Surakarta, khususnya anak muda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa perubahan gaya hidup anak muda di Surakarta akibat berkembangnya mall telah mendorong budaya konsumtif di kalangan anak muda di Surakarta yang dianggap sebagai bagian dari gaya hidup modern dan berkiblat pada Barat. Mall juga menjadi budaya globalisasi warga di berbagai kota, terutama anak muda untuk menghindari stereotip “orang kampungan”. Hal ini akibat dari realitas semu yang ditawarkan oleh mall dan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup mereka di antaranya adalah kelengkapan fasilitas yang ditawarkan mall lebih beragam,suasana aman dan nyaman saat berada di dalam mall, intensitas pergi ke mall yang sering dan aktivitas yang dapat mereka lakukan di mall lebih banyak dari pada saat mereka mengunjungi pasar tradisional. Hal ini semakin memperkuat pandangan anak muda Surakarta mengenai pentingnya mall sebagai pusat untuk pengembangan diri dan salah satu tempat untuk pembentukan identitas diri melalui gaya, sebagai salah satu alat komunikasi simbolik dan makna-makna personal yang dengan mudah menyebar seperti wabah ke masyarakat luas. Kata Kunci : Pasar Tradisional, Mall, Anak Muda Surakarta.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Kajian Budaya
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 14 Sep 2015 10:11
    Last Modified: 14 Sep 2015 10:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18781

    Actions (login required)

    View Item