EVALUASI TERKAIT PENGESAHAN PERATURAN DAERAH NOMOR 4 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK DAERAH TERHADAP PENDAPATAN PAJAK DAERAH SURAKARTA DARI SEKTOR PAJAK RESTORAN

PAMUNGKAS, JULIAN SURYA (2014) EVALUASI TERKAIT PENGESAHAN PERATURAN DAERAH NOMOR 4 TAHUN 2011 TENTANG PAJAK DAERAH TERHADAP PENDAPATAN PAJAK DAERAH SURAKARTA DARI SEKTOR PAJAK RESTORAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (759Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari pengesahan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah terhadap perkembangan jumlah penerimaan Pajak Restoran dalam lima tahun periode. Penelitian ini dilakukan dengan caramengidentifikasi langkah-langkah yang diambil oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Surakarta untuk memaksimalkan jumlah penerimaan Pajak Restoran dengan Peraturan Daerah terbaru, dimana terjadi perubahan dalam penetapan dan pengenaan tarif pajaknya. Tujuan penelitian ini dicapai dengan terlaksananya Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 walaupun timbul beberapa kendala dalam prakteknya. Dari hasil analisis diketahui bahwa Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah tidak sepenuhnya berpengaruh terhadap laju pertumbuhan jumlah penerimaan Pajak Restoran. Kejujuran Wajib Pajak dalam melaporkan pajak terutangnya tergolong rendah. Peningkatan informasi dan penyuluhan tentang pentingnya pajak untuk masyarakat diharapkan dapat memperbaiki kepatuhan Wajib Pajak sehingga mampu meningkatkan jumlah penerimaan Pajak Restoran. Kata Kunci : Pajak Daerah, Pajak Restoran, Penerimaan Pajak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 14 Sep 2015 10:19
    Last Modified: 14 Sep 2015 10:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18780

    Actions (login required)

    View Item