DESAIN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE DISKUSI DAN INSIDEN DITINJAU DARI KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA ATMOSFER (Studi Implementasi Kurikulum 2013 Pada Kelas X IIS SMA N 1 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014)

Setyowati, Maya (2015) DESAIN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE DISKUSI DAN INSIDEN DITINJAU DARI KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA ATMOSFER (Studi Implementasi Kurikulum 2013 Pada Kelas X IIS SMA N 1 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (724Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Maya Setyowati,K5410042. DESAIN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE DISKUSI DAN INSIDEN DITINJAU DARI KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR HUBUNGAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA ATMOSFER (Studi Implementasi Kurikulum 2013 Pada Kelas X IIS SMA N 1 Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2014. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui perbedaan proses belajar antara metode diskusi dengan metode insiden dalam model problem based learning, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara metode diskusi dengan metode insiden dalam model problem based learning di kelas X IIS SMA N 1 Boyolali. Metode penelitian yang digunakan berupa metode quasi eksperimen. subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IIS 1 dan X IIS 2 SMA N 1 Boyolali. Teknik sampling yang digunakan berupa teknik sampling jenuh dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh bahwa P k < Pe yaitu proses kelompok kontrol mempunyai prosentase yang lebih kecil dibandingkan kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses belajar dengan metode insiden lebih efektif dibandingkan dengan metode diskusi. (2) Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan pada hasil belajar kognitif, afektif maupun psikomotorik menunjukkan bahwa kelompok eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan metode insiden lebih efektif dibandingkan dengan metode diskusi. Hasil belajar baik pada aspek kognitif afektif maupun psikomotorik menunjukkan bahwa penggunaan metode insiden pada model problem based learning lebih baik dibandingkan dengan metode diskusi. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Metode Diskusi, Metode Insiden, Proses dan Hasil Belajar.

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 12 Sep 2015 19:14
    Last Modified: 12 Sep 2015 19:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18774

    Actions (login required)

    View Item