PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Sistem Informasi Akuntansi Pada UMKM Mieta Group Karanganyar)

ANWAR, SAIFUL (2014) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Sistem Informasi Akuntansi Pada UMKM Mieta Group Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1331Kb) | Preview

    Abstract

    Saiful Anwar. PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM MIETA GROUP KARANGANYAR). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2014. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengevaluasi sistem akuntansi yang sedang berjalan, (2) untuk mengetahui kebutuhan perancangan sistem sistem informasi akuntansi, (3) untuk menyusun prototype sistem informasi akuntansi pada UMKM Mieta Group Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian berupa kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari data primer berupa wawancara mendalam dan observasi, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi dan studi kepustakaan yang mendukung penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, pencatatan arsip, teknik wawancara mendalam dan studi kepustakaan. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode serta mengembangkan member check . Analisis data yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dilakukan dari tahap pra lapangan, kegiatan lapangan, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa UMKM Mieta Group Karanganyar belum menggunakan sistem informasi akuntansi layak bagi UMKM, ditemukan banyak kelemahan-kelemahan sistem yang telah berjalan. Dari kelemahan-kelemahan tersebut dibuat rancangan kebutuhan sistem baik input, process maupun output. Prototype sistem informasi akuntansi dibuat dengan menggunakan aplikasi microsoft excel sebagai upaya pengembangan sistem informasi akuntansi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang cocok dengan kondisi UMKM. Kata kunci: Pengembangan SIA, UMKM, Prototype.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Minardi Aris
    Date Deposited: 12 Sep 2015 18:33
    Last Modified: 12 Sep 2015 18:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18772

    Actions (login required)

    View Item