ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI VOLUME PRISMA DENGAN FONG’ S SHCEMATIC MODEL FOR ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP IT IBNU ABBAS KLATEN TAHUN AJARAN 2013/2014)

Nurussafa'at, Fitri Andika (2015) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI VOLUME PRISMA DENGAN FONG’ S SHCEMATIC MODEL FOR ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP IT IBNU ABBAS KLATEN TAHUN AJARAN 2013/2014). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1051Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesalahan-kesalahan yang dialami siswa tipe field dependent (FD) dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma berdasarkan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis, (2) kesalahan-kesalahan yang dialami siswa tipe field independent (FI) dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma berdasarkan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis, (3) faktor-faktor yang menyebabkan siswa tipe field dependent (FD) melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma berdasarkan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis, (4) faktorfaktor yang menyebabkan siswa tipe field independent (FI) melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma berdasarkan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Ibnu Abbas Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sample atau sampel bertujuan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang siswa yang diambil dari kelas VIII. Subjek tersebut sebanyak 3 siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) yang memiliki kategori skema lengkap dengan kesalahan (E1), Skema tidak lengkap dengan kesalahan (E3), dan menggunakan prosedur yang tidak relevan (E4) dan 3 siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) yang memiliki kategori skema lengkap dengan kesalahan (E1), Skema tidak lengkap dengan kesalahan (E3), dan menggunakan prosedur yang tidak relevan (E4). Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi waktu Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesalahan-kesalahan yang dialami siswa tipe field dependent (FD) dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma berdasarkan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis yaitu kesalahan bahasa, kesalahan opersional dan kesalahan tema matematika, namun kesalahan siswa tipe field dependent (FD) lebih dominan pada kesalahan operasional dan tema matematika, (2) kesalahan-kesalahan yang dialami siswa tipe field independent (FI) dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma berdasarkan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis yaitu kesalahan bahasa, kesalahan opersional dan kesalahan tema matematika, namun, kesalahan siswa tipe field independent (FI) lebih dominan pada kesalahan bahasa, (3) faktor-faktor yang menyebabkan siswa tipe field dependent (FD) melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi volume prisma berdasarkan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis yaitu: (a) kurang teliti dalam membaca soal sehingga mengakibatkan salah dalam menuliskan apa yang diketahui, (b) beranggapan bahwa menulis apa yang diketahui dan ditanya tidak terlalu penting karena sudah ada dalam soal, (c) menganggap bahwa menulis apa yang diketahui dan ditanyakan akan membuang waktu dan lebih ringkas apabila tidak ditulis (d) lupa untuk menuliskan rumus secara lengkap, (e) sengaja tidak menuliskan rumus dengan lengkap, (f) terburu-buru dalam mengerjakan soal agar cepat selesai. (g) kurang teliti dalam operasi perkalian, (h) sengaja tidak menuliskan satuan dengan lengkap, (i) beranggapan bahwa dirinya sudah cukup mengerti satuan yang dituliskan walaupun bisa jadi itu belum bisa dimengerti oleh orang lain, (j) akibat kesalahan sebelumnya, (k) belum memahami materi tentang satuan volume dan siswa mengira bahwa satuan volume seharusnya semua dalam liter, (l) belum memahami materi tentang satuan luas, (m) siswa tidak terbiasa dalam menuliskan kesimpulan di akhir jawabannya, (n) menurut siswa, guru tidak begitu menekankan untuk menuliskan kesimpulan dalam mengerjakan soal cerita, (o) kurang begitu menguasai materi tentang mengubah satuan panjang, (p) belum memahami urutanurutan yang harus dilakukan dalam mengerjakan soal, (q) belum memahami rumus volume kubus, (4) faktor-faktor yang menyebabkan siswa tipe field independent (FI) melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal materi volume prisma berdasarkan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis yaitu: (a) merasa benar bahwa tanda (=) boleh diganti dengan tanda (:), (b) malas dalam menuliskan keterangan dalam mencari luas segitiga, (c) ingin menyelesaikan soal dengan cepat, (d) tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, (e) terbiasa tidak lengkap dalam menuliskan apa yang ditanyakan, (f) siswa beranggapan bahwa dengan menggabung antara apa yang ditanya dengan kesimpulan dapat meringkas jawaban dan mempercepat proses pengerjaan soal, (g) siswa terbiasa mengerjakan soal pilihan ganda dari pada soal uraian berbentuk cerita, (h) kurang teliti dalam operasi perkalian, (i) akibat dari kesalahan sebelumnya, (j) merasa sudah tahu jawabannya tanpa berpikir bahwa jawabannya belum tentu dimengerti oleh orang lain, (k) belum memahami materi tentang mengubah satuan panjang, (l) kurang teliti dalam mengerjakan soal, (m) tidak bisa membedakan antara sisi dan rusuk pada bangun ruang, (n) belum menguasai langkah-langkah dalam menjawab soal yang diberikan. Kata Kunci: Analisis kesalahan, Volume Prisma, Fong’ S Shcematic Model For Error Analysis, Gaya kognitif.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 12 Sep 2015 14:15
    Last Modified: 12 Sep 2015 14:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18761

    Actions (login required)

    View Item