PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN KETERAMPILAN TEKNIK MENGGIRING SLALOM DAN MENGOPER DALAM SEPAK BOLA

, Irfandi (2014) PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN KETERAMPILAN TEKNIK MENGGIRING SLALOM DAN MENGOPER DALAM SEPAK BOLA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (768Kb) | Preview

    Abstract

    Yang melatar belakangi penelitian ini adalah kemampuan serta penguasaan keterampilan teknik menggiring terutama menggiring slalom dan mengoper dalam sepakbola dimana sebelum mengadakan penelitian terdapat sejumlah atlet yang belum begitu optimal dalam penguasaan keterampilan teknik tersebut, yang terjadi pada atlet putra tingkat menengah Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun berbagai macam instrumen desain model latihan keterampilan teknik, menyusun dalam pembuatan draft produk awal, melaksanakan uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan melaksanakan uji efektivitas produk, sehingga memperoleh hasil berupa peningkatan kualitas latihan serta penguasaan keterampilan teknik atlet, Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kota Banda Aceh. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan atau yang lebih dikenal dengan (research and development) versi Borg and Gall 1983, dalam hal ini peneliti memodifikasi dan membagi prosedur penelitian menjadi tiga tahap yakni: 1) tahap pendahuluan, 2) tahap uji produk, dan 3) tahap diseminasi, uji efektivitas produk model. Hasil penelitian tahap satu yaitu: 1). Analisis kebutuhan yang diperoleh melalui hasil wawancara dengan sejumlah pelatih, confirmability, dan observasi mengenai pelaksanaan proses latihan sepakbola pada atlet putra tingkat menengah Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kota Banda Aceh, hasilnya adalah proses latihan sepakbola mengenai keterampilan teknik menggiring slalom dan mengoper masih belum begitu optimal, dan terlihat masih sangat rendahnya pemahaman, dan penguasaan keterampilan teknik menggiring slalom dan mengoper khususnya pada atlet putra tingkat menengah Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kota Banda Aceh. 2). Kajian teori terdiri dari: permainan sepakbola, hakikat permainan sepakbola, teknik, taktik, analisis gerak, analisis mengenai karakteristik atlet tingkat menengah Sekolah Sepak Bola (SSB) dan teori latihan. 3). Pegembangan produk penyajianya, yaitu bab I pendahuluan, bab II, latihan pendahuluan untuk teknik keterampilan menggiring slalom dan mengoper, bab III mengenai model latihan keterampilan teknik menggiring slalom dan mengoper dan bab IV program latihan. Hasil penelitian tahap dua mengenai uji coba produk terdiri dari: 1). Uji coba ahli dengan melibatkan lima (5) orang ahli sepakbola, hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument angket terbuka yang berjumlah 45 butir soal, diperoleh persentase sebesar 62,56% sehingga dapat di interpretasikan produk dan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu uji coba lapangan. 2). Uji coba lapangan terdiri dari dua tahap yaitu: a). Uji coba yang dilakukan dalam xviii kelompok kecil yang berjumlah 22 subyek, kemudian hasilnya diperoleh dengan menggunakan instrument angket yang berjumlah 42 butir soal, sehingga diperoleh persentase sebesar 81,10% sehingga dapat di interpretasikan bahwa produk dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu uji coba kelompok yang lebih besar, b). Uji coba kelompok besar dengan jumlah 44 subyek, hasilnya diperoleh hasil dengan menggunakan angket yang berjumlah 42 butir soal, diperoleh persentase sebesar 85,34% sehingga produk dapat di interpretasikan yang bahwa produk dapat dilanjutkan ke tahap yang ke tiga yakni tahap uji efektivitas produk. Hasil penelitian tahap 3 yaitu tahap uji efektivitas produk, uji efektivitas produk yakni dengan menggunakan rancangan eksperimen semu, yaitu dengan cara mengkomparasikan dua kelompok antara kelompok coba dengan kelompok kontrol yang diberi treatment berupa model latihan teknik keterampilan menggiring slalom dan mengoper yang dilakukan secara konvesional. Adapun bentuk treatment yang diberikan terdiri dari tiga tahap, yaitu: tes awal, perlakuan (berupa program latihan yang diberikan selama 10 minggu dengan menyesuaikan jadwal di masing-masing kelompok, baik kelompok coba maupun kelompok keontrol) kemudian dilanjutkan dengan tes akhir, tes awal dan tes akhir dengan menggunakan instrument berupa tes keterampilan teknik dalam sepakbola yakni menggiring slalom dan mengoper yaitu: 1). Kelompok coba (tes-1) yang diperoleh dari hasil: MS1= 105, MG2= 106, MG3= 105, MG4= 99, MG5= 99, MG6= 94, MG7= 90, kemudian kelompok coba (tes-2) yang diperoleh dengan hasil yaitu: MS1= 147, MG2= 151, MG3= 154, MG4= 151, MG5= 152, MG6= 145,5, MG7= 155, dan kelompok kontrol (tes-1) yang dieproleh dari hasil: MS1= 73, MG2= 77, MG3= 81, MG4= 75, MG5= 75, MG6= 69, MG7= 60 dan sedangkan kelompok kontrol (tes-2) yang diperoleh dari hasil: MS1= 147,5, MG2= 155, MG3= 152,5, MG4= 155,5 MG5= 147 MG6= 156,5, MG7= 145. Kesimpulan: model latihan yang dikembangkan secara lebih efektif dapat meningkatkan kemampuan keterampilan teknik menggiring slalom dan mengoper dalam sepakbola pada atlet putra tingkat menengah Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kota Banda Aceh, yakni dengan menggunakan metode two group pretest-postest design, dan metode ini dianggap telah berhasil dalam mengembangkan model latihan keterampilan teknik secara lebih optimal. Kata Kunci : Sepakbola, desain model latihan, teknik menggiring slalom, mengoper, dan penelitian pengembangan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 12 Sep 2015 18:05
    Last Modified: 12 Sep 2015 18:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18742

    Actions (login required)

    View Item