EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH 8.0 PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI SE-KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SARI, INTAN NOVIA (2014) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH 8.0 PADA MATERI POKOK SEGIEMPAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI SE-KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1140Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik diantara penggunaan model pembelajaran TAI berbantu media Adobe Flash 8, model pembelajaran TAI atau model pembelajaran konvensional, (2) Manakah yang prestasi belajarnya lebih baik pada siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang atau rendah, (3) Pada masing-masing tingkatan motivasi belajar, manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik diantara penggunaan model pembelajaran TAI berbantu media Adobe Flash 8.0, model pembelajaran TAI atau model pembelajaran konvensional, (4) Pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik diantara siswa dengan motivasi belajar tinggi, sedang atau rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 3. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP tahun pelajaran 2013/2014 di Kabupaten Sukoharjo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari SMP Negeri 3 Kartasura, SMP Negeri 2 Mojolaban, dan SMP Negeri 2 Baki yang diambil dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika, dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Model pembelajaran TAI berbantu media Adobe Flash 8.0 menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran TAI maupun konvensional, dan model pembelajaran TAI memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Siswa dengan motivasi tinggi mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa yang memliki motivasi sedang, dan siswa dengan motivasi sedang mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa yang mempunyai motivasi rendah. Sedangkan siswa dengan motivasi tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang mempunyai motivasi rendah. (3) Pada masing-masing tingkatan motivasi belajar, model pembelajaran TAI berbantu media Adobe Flash 8.0 menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibanding pembelajaran TAI maupun konvensional, dan model pembelajaran TAI memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. (4) Pada masingmasing model pembelajaran, siswa dengan motivasi tinggi mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa yang memliki motivasi sedang dan siswa dengan motivasi sedang mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa yang mempunyai motivasi rendah. Sedangkan siswa dengan motivasi tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang mempunyai motivasi rendah. Kata kunci: Teams Assisted Individualization, Adobe Flash 8.0, Motivasi belajar Siswa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 12 Sep 2015 09:57
    Last Modified: 12 Sep 2015 09:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18740

    Actions (login required)

    View Item