STUDI KOMPARASI TINGKAT PENGUASAAN KOSA KATA BENDA DAN KERJA SISWA TUNARUNGU ANTARA PEMBELAJARAN MELALUI METODE ORAL DAN ISYARAT KELAS PERSIAPAN SLB/ B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Fatmawati, Indri (2014) STUDI KOMPARASI TINGKAT PENGUASAAN KOSA KATA BENDA DAN KERJA SISWA TUNARUNGU ANTARA PEMBELAJARAN MELALUI METODE ORAL DAN ISYARAT KELAS PERSIAPAN SLB/ B YRTRW SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (812Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan kosa kata benda dan kerja pada tunarungu antara pembelajaran melalui metode oral dan isyarat kelas persiapan SLB/ B YRTRW Surakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen One Group Pretest – Posttest Design dengan desain penelitian perbandingan (comparative study). Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas persiapan semester II SLB/ B YRTRW tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan penguasaan kosakata benda dan kerja sebelum dan setelah pembelajaran melalui metode oral dan isyarat. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji – t berpasangan (paired t – test), yaitu dengan membandingkan penguasaan kosakata benda dan kerja antara pembelajaran melalui metode oral dan pembelajaran melalui metode isyarat. Hasil analisis data diperoleh thitung = 2,305 berada di bawah batas signifikansi atas dasar taraf signifikansi 5 % adalah 2,365 atau 2,305 < 2,365 (thitung < ttabel). Hipotesis yang berbunyi : “Ada perbedaan tingkat penguasaan kosa kata benda dan kerja tunarungu kelas persiapan antara pembelajaran melalui oral dan isyarat di SLB/ B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014” tidak diterima kebenarannya. Simpulan hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan tingkat penguasaan kosa kata benda dan kerja tunarungu kelas persiapan antara pembelajaran melalui oral dan isyarat di SLB/ B YRTRW Surakarta tahun ajaran 2013/ 2014. Kata kunci : metode Oral, metode Isyarat, penguasaan kosakata, siswa tunarungu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 12 Sep 2015 09:06
    Last Modified: 12 Sep 2015 09:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18737

    Actions (login required)

    View Item