DINAMIKA ORGANISASI PERSATUAN WARGA SUMATERA BARAT (PWSB) (Kajian Sosial Ekonomi Masyarakat Perantau Sumatera Barat di Kota Surakarta tahun 1971-2004)

Purnama , Indra (2014) DINAMIKA ORGANISASI PERSATUAN WARGA SUMATERA BARAT (PWSB) (Kajian Sosial Ekonomi Masyarakat Perantau Sumatera Barat di Kota Surakarta tahun 1971-2004). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (574Kb) | Preview

    Abstract

    Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Apa yang melatarbelakangi masyarakat Minangkabau pergi merantau ke Surakarta dan Bagaimana cara mereka beradaptasi dengan penduduk lokal? (2) Bagaimana proses berdirinya Organisasi Persatuan Warga Sumatera Barat (PWSB) Surakarta dan perkembangan dari tahun 1971-2004? (3) Bagaimana peranan PWSB dalam bidang sosial-ekonomi bagi masyarakat perantau Minangkabau di Surakarta tahun 1971-2004?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui latar belakang masyarakat Minangkabau pergi merantau di Surakarta dan cara mereka beradaptasi. (2) Mengumpulkan informasi tentang proses yang melatarbelakangi berdirinya organisasi PWSB Surakarta. (3) Mengetahui peranan PWSB dalam bidang sosial-ekonomi bagi masyarakat perantau asal Minangkabau di Surakarta. Metode yang digunakan adalah Heuristic, Kritik sumber, Interpretasi dan Historiografi. Keempat metode tersebut dapat memecahkan data dan fakta mengenai masa lalu untuk diolah secara ilmiah, menghasilkan penulisan yang menggambarkan kenyataan yang sebenarnya di masa lalu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penyebab masyarakat Minangkabau merantau terdiri dari berbagai faktor, seperti Fisik: Ekologi dan Lokasi, Sosial, Ekonomi, Pendidikan, Daya Tarik Kota, Keamanan. Mereka merantau tanpa membawa modal apapun bertujuan mendapatkan ilmu dan harta kekayaan yang akan dibawa ke kampung halaman. Perantau Minangkabau dapat beradaptasi dengan baik dengan penduduk lokal atau sesama perantau. (2)PWSB Surakarta merupakan organisasi bagi perantauan Minangkabau yang berada di wilayah se eks-Karesidenan Surakarta. PWSB didirikan karena banyaknya masyarakat Minangkabau yang merantau ke Surakarta sehingga diperlukan organisasi kedaerahan untuk mengakrabkan tali silahturahmi sesama perantau Minangkabau. (3) PWSB berperan sangat besar dalam memajukan masyarakat perantau Sumatera Barat di Surakarta dalam bidang sosial, ekonomi, pembangunan infrastruktur dan lain-lain. Kesimpulan yang dapat diambil adalah organisasi Persatuan Warga Sumatera Barat (PWSB) Surakarta adalah sebuah organisasi bagi warga perantau yang berasal dari Sumatera Barat yang berada di Surakarta berusaha untuk memajukan anggotanya di bidang sosial dalam bentuk pelayanan jika ada yang meninggal, terkena musibah, memajukan perekonomian bagi anggotanya yang mayoritas berdagang dengan memberikan pelajaran tentang berdagang di Kota Surakarta serta berupa pinjaman modal melalui koperasi milik PWSB Surakarta dan kegiatan arisan maupun pengajian rutin dan lain-lain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Ilmu Sejarah
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 12 Sep 2015 08:48
    Last Modified: 12 Sep 2015 08:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18733

    Actions (login required)

    View Item