PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI BUKU SAKU DAN PAPAN KARBON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON KELAS XIMIA SEMESTER GASAL SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Noor., Zuleka Anggarani (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI BUKU SAKU DAN PAPAN KARBON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMORI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON KELAS XIMIA SEMESTER GASAL SMA BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (621Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 3 semester gasal SMA Batik 1 Surakartapada materi senyawa hidrokarbon dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi media buku saku dan papan karbon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Batik 1 Surakarta semester gasal tahun pelajaran 2014/ 2015.Data diperoleh melalui observasi, tes, angket dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi media buku saku dan papan karbon dapat meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa pada materi senyawa hidrokarbon.Kemampuan memori siswa meningkat sebesar 14,63%, dari siklus I 60,98% menjadi 75,61% pada siklus II. Kemudian prestasi belajar siswa dapat dilihat dari kompetensi pengetahuan dan kompetensi sikap. Pada siklus I ketuntasan belajar kompetensi pengetahuan sebesar 53,66% meningkat menjadi 82,93% pada siklus II. Sedangkan pada kompetensi sikap siswa, menunjukkan bahwa terdapat peningkatan capaian rata-rata indikator kompetensi dari 85,82% pada siklus I menjadi 88,19% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi buku saku dan papan karbondapat meningkatkan kemampuan memori dan prestasi belajar siswa pada materi senyawa hidrokarbon kelas XI MIA 3semester gasal SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: penelitian tindakan kelas,Team Assisted Individualization (TAI), kemampuan memori dan prestasi belajar, senyawa hidrokarbon.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 12 Sep 2015 07:15
    Last Modified: 12 Sep 2015 07:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18724

    Actions (login required)

    View Item