Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Kuning/AK-1 Di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Klaten.

ARIFIN, ZAINUDIN (2014) Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Kuning/AK-1 Di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Klaten. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (278Kb) | Preview

    Abstract

    Kartu kuning (AK-1) merupakan kartu tanda pencari kerja dan merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh para pencari kerja dalam proses melamar pekerjaan baik pada instansi pemerintahan maupun swasta. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Klaten dalam pelayanan kartu kuning (AK-1) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif sehingga dapat mengetahui tanggapan masyarakat mengenai pelayanan kartu kuning (AK-1). Adapun sumber data yang digunakan meliputi data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder yang yang berasal dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode penarikan sampel yang digunakan Accidental sampling, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Klaten dalam pelayanan kartu kuning (AK-1) dapat diukur dengan menggunakan standar kualitas dari Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003. Indikator yang akan digunakan meliputi : Prosedur Pelayanan, Waktu penyelesaian, Biaya pelayanan dan Produk pelayanan, Sarana dan Prasarana, Kompetensi petugas pemberi pelayanan Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar responden memberikan tanggapan baik/berkualitas terhadap pelayanan pembuatan kartu kuning ( AK-1 ) yang diberikan oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Klaten.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 12 Sep 2015 06:30
    Last Modified: 12 Sep 2015 06:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18719

    Actions (login required)

    View Item