DAMPAK PENERAPAN SLOT TIME BANDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA TERHADAP ARUS LALU LINTAS PARIWISATA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Purwaningtyas, Aprilita Lucki (2014) DAMPAK PENERAPAN SLOT TIME BANDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA TERHADAP ARUS LALU LINTAS PARIWISATA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (839Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK 2014. Dampak Penerapan Slot Time di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Terhadap Arus Lalu Lintas Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Program Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Sastra dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Padatnya arus penumpang dan pesawat di Bandara Internasional Adisutjipto membutuhkan penanganan dan solusi cepat. Terbatasnya daya tampung terminal dan kapasitas landasan yang sudah terlalu padat bisa menyebabkan penundaan penerbangan (flight delayed). Hal ini menimbulkan antrian pesawat takeoff dan landing serta penumpukan penumpang pada saat jam sibuk. Dengan menerapkan sistem “slot time” kepada maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Internasional Adisutjipto di harapkan mampu menjadi solusi dalam mengurangi penumpukan jadwal penerbangan di waktu tertentu. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui perkembangan atas dampak yang ditimbulkan dari penerapan Slot Time di Bandara Internasional Adisutjipto terhadap arus lalu lintas pariwisata di Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumen, dan analisis data yang diperoleh. Observasi dengan cara mengamati bagaimana penerapan yang dilakukan oleh pihak Slot koordinator pada PT. Angkasa Pura I Adisutjipto, dilanjutkan 1 ,Mahasiswa Jurusan D III Usaha Perjalanan Wisata dengan NIM C9411006 2 Dosen Pembimbing dengan wawancara dengan narasumber serta dokumentasi mengenai beberapa data – data yang diperlukan guna untuk melengkapi ke akuratan Tugas Akhir ini. Hasil penelitian yang didapatkan selama dilakukannya penelitian tersebut yang dimulai dari tahun 2009 – 2013 adalah Slot Time yang diterapkan menunjukan pemerataan jam – jam sibuk pada jam – jam renggang sudah mampu dikoordinasikan dengan baik terbukti dengan meratanya jadwal penerbangan dan jumlah penumpang yang semakin naik pada setiap tahunnya. Selain itu diketahui juga jam – jam yang banyak diminati oleh para penumpang yaitu antara jam 06.00 – 09.00 dan jam 15.00 – 19.00. Serta peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Daerah istimewa Yogyakarta baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Serta hasil pengolahan data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dampak penerapan Slot Time terhadap arus lalu lintas pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta semuanya sudah dapat dikoordinasikan dengan baik. Peningkatan jumlah wisatawan, penumpang serta pesawat salah satu bukti bahwa slot time yang diterapkan mampu dilakukan dengan maksimal, dan fasilitas bandara mampu dimanfaatkan dengan baik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 12 Sep 2015 06:17
    Last Modified: 12 Sep 2015 06:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18717

    Actions (login required)

    View Item