PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI CARREFOUR SOLO PARAGON SURAKARTA TAHUN 2014

Fitrianingsih., Apri (2014) PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI CARREFOUR SOLO PARAGON SURAKARTA TAHUN 2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (514Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Store Atmosphere secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Carrefour Solo Paragon Surakarta. (2) Pengaruh exterior terhadap keputusan pembelian konsumen di Carrefour Solo Paragon Surakarta. (3) Pengaruh general interior terhadap keputusan pembelian konsumen di Carrefour Solo Paragon Surakarta. (4) Pengaruh store layout terhadap keputusan pembelian konsumen di Carrefour Solo Paragon Surakarta. (5) Pengaruh interior display terhadap keputusan pembelian konsumen di Carrefour Solo Paragon Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi penelitian ini adalah konsumen Carrefour Solo Paragon Surakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling dan incidental sampling. Berdasarkan penghitungan menggunakan rumus Hair et al, diperoleh sampel sebanyak 80 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Adanya pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini dibuktikan dari hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. Sehubungan dengan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05; maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel store atmosphere yang terdiri dari: exterior, general interior, store layout dan interior display berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Carrefour Solo Paragon Surakarta. (2) Hasil perhitungan data untuk variabel exterior memiliki tingkat signifikansi 0,016; variabel general interior memiliki tingkat signifikansi 0,018; variabel store layout memiliki tingkat signifikansi 0,032 dan variabel interior display memiliki tingkat signifikansi 0,044 maka dapat disimpulkan bahwa variabel exterior, general interior, store layout dan interior display memilki pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen di Carrefour Solo Paragon Surakarta. (3) Berdasarkan hasil perhitungan data nilai Adjusted R Square sebesar 0,467 sehingga dapat diartikan bahwa 46,7% keputusan pembelian konsumen di Carrefour Solo Paragon Surakarta dipengaruhi oleh store atmosphere yang terdiri dari exterior, general interior, store layout dan inetrior display, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : store atmosphere, keputusan pembelian, Carrefour Solo Paragon

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 12 Sep 2015 06:01
    Last Modified: 12 Sep 2015 06:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18714

    Actions (login required)

    View Item