PENGEMBANGAN TES BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI SISTEM ORGAN MANUSIA BERBANTUAN KOMPUTER DENGAN MICROSOFT POWERPOINT DAN VBA

Kusumadani, Annur Indra (2014) PENGEMBANGAN TES BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI SISTEM ORGAN MANUSIA BERBANTUAN KOMPUTER DENGAN MICROSOFT POWERPOINT DAN VBA. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (185Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mengembangkan tes berpikir tingkat tinggi pada materi sistem organ manusia berbantuan komputer dengan Microsoft Powerpoint dan Visual Basic for Application. Instrumen tes yang dikembangkan bertujuan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem organ manusia. Instrumen tes yang dikembangkan berbasis Microsoft Powerpoint dan Visual Basic for Application. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan tahapan penelitian sebagai berikut: (1) Penelitian dan pengumpulan data awal, (2) Perencanaan, (3) Pembuatan produk awal, (4) Uji coba awal (validasi ahli), (5) Perbaikan produk awal, (6) Uji coba lapangan, (7) Perbaikan produk operasional, (8) Uji lapangan operasional (uji efektivitas/ uji validitas eksternal tes), (9) Revisi produk akhir, dan (10) Diseminasi. Penelitian melibatkan subjek coba sebagai berikut: (1) Uji coba awal melibatkan ahli materi sistem organ manusia, ahli ICT, ahli penelitian dan evaluasi pendidikan, dan praktisi; (2) Uji coba kelompok kecil melibatkan 36 siswa SMPN 1, 2, dan 4 Karanganyar; (3) Uji coba kelompok besar melibatkan 60 siswa SMPN 1, 2, dan 4 Karanganyar; dan (4) Uji lapangan operasional (uji efektivitas/ uji validitas eksternal tes) melibatkan 30 siswa SMPN 1 Karanganyar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis butir soal sesuai kaidah pada tahap validasi dan uji coba lapangan serta analisis korelasi Pearson pada tahap uji lapangan operasional. Hasil akhir penelitian ini adalah tes berpikir tingkat tinggi berbantuan komputer dengan 45 soal berpikir tingkat tinggi pada materi sistem organ manusia yang memiliki validitas internal kuat dengan indeks validitas Aiken lebih dari 0,73 (0,83 hingga 0,93), koefisien reliabilitas 0,954>0,257 (r tabel) yang artinya reliabel tinggi, indeks kesukaran sebesar 0,15 (sukar) hingga 0,467 (sedang), dan indeks diskriminan (daya beda) sebesar 0,2 (cukup) hingga 0,767 (baik). Validitas eksternal sebesar 0,617 (cukup kuat) hingga 0,827 (kuat) yang merupakan korelasi hasil tes berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan dengan tes berpikir tingkat tinggi pengembangan lain pada materi sistem organ manusia. Kesimpulan penelitian adalah instrumen tes yang dikembangkan layak dan efektif untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi sistem organ manusia. Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan Tes, Tes berbantuan komputer, Tes berpikir tingkat tinggi, dan Pengukuran instrumen.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 12 Sep 2015 02:33
    Last Modified: 12 Sep 2015 02:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18711

    Actions (login required)

    View Item