PENGEMBANGAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS HIERARKI KONSEP UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X POKOK BAHASAN PEREAKSI PEMBATAS

Wijayanti, Dian (2015) PENGEMBANGAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS HIERARKI KONSEP UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X POKOK BAHASAN PEREAKSI PEMBATAS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (303Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dian Wijayanti. PENGEMBANGAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS HIERARKI KONSEP UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X POKOK BAHASAN PEREAKSI PEMBATAS. Skripsi,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.Maret 2015. Tujuan penelitian ini adalah: (1)mengembangkan media pembelajaran pada Pokok Bahasan Pereaksi Pembatas untuk SMA kelas X. (2)mengetahui kualitas media pembelajaran untuk siswa pada Pokok Bahasan Pereaksi Pembatas. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode beberapa tahapan, yaitu:(1)studi pendahuluan (kaji pustaka dan survei awal); (2)perencanaan penelitian;(3)Pengembangan produk awal ; (4) uji lapangan awal;(5) revisi hasil uji lapangan awal; (6) uji lapangan lebih luas;(7)revisi hasil uji lapangan lebih luas; (8)uji kelayakan;dan(9)revisi hasil uji kelayakan. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling dan simple random sampling. Sampel dari teknik purposive sampling yaitu ahli media, ahli materi kimia dan guru kimia di SMA Negeri 1 Boyolali dan SMA Negeri 1 Teras. Pengambilan sampel siswa menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengujian kualitas media menggunakan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1)Media pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis hierarki konsep untuk pembelajaran kimia kelas X Pokok Bahasan Pereaksi Pembatas telah di kembangkan melalui metode penelitian dan pengembangan. (2)Media pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis hierarki konsep untuk pembelajaran kimia kelas X Pokok Bahasan Pereaksi Pembatas secara umum memiliki kualitas yang baik berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi,guru mata pelajaran kimia dan peserta didik di SMA Negeri 1 Boyolali dan SMA Negeri 1 Teras. Kata Kunci :penelitian dan pengembangan,Lembar Kerja Siswa (LKS) ,hierarki konsep, pereaksi pembatas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 11 Sep 2015 22:24
    Last Modified: 11 Sep 2015 22:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18704

    Actions (login required)

    View Item